Pramesti, Virgin Aulia (2023) Perumusan Strategi Berdasarkan Analisis Swot Pada Pt Semen Tonasa. Diploma thesis, Politeknik Negeri Ujung Pandang.
PERUMUSAN STRATEGI BERDASARKAN ANALISIS SWOT PADA PT SEMEN TONASA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
RINGKASAN
Kondisi bisnis di Indonesia yang sedang dihadapkan pada kondisi yang sangat kompleks, persaingan yang sangat hebat, perubahan yang sulit diduga dan ketidakpastian. Selain itu, persaingan antar pengusaha yang bergerak dalam bidang bisnis yang sama juga menjadi ancaman bagi suatu perusahaan. Oleh karena itu, untuk dapat memenangkan persaingan, perusahaan diharapkan mampu menyusun perencanaan strategi bisnis untuk mempertahankan konsumen agar tidak berpindah ke perusahaan semen yang lain. PT Semen Tonasa merupakan salah satu perusahaan yang memerlukan strategi bisnis yang tepat untuk menjamin keberlangsungan dan pertumbuhan perusahaan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor lingkungan internal dan eksternal yang berpotensi memengaruhi kinerja keuangan PT Semen Tonasa dan untuk merumuskan strategi yang dapat diterapkan PT Semen Tonasa agar mampu bersaing dalam rangka meningkatkan kinerja keuangan. Perumusan strategi menggunakan matriks SWOT, IE, dan Grand Stragy. Metode analisis data yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dengan melakukan wawancara, kuesioner, dokumentasi dan observasi lapangan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa perusahaan berada pada posisi yang menguntungkan dengan memaksimalkan pemanfaatan peluang dan memanfaatkan kekuatan, perusahaan memiliki potensi untuk mencapai pertumbuhan dan keberhasilan yang signifikan. Namun, perusahaan juga harus menjaga kewaspadaan untuk mengatasi potensi hambatan di masa depan. Selain itu, hasil penelitian dengan menggunakan tools Analisis SWOT, IE dan Grand Strategy posisi perusahaan berada di kuadran I yang artinya strategi yang paling cocok untuk perusahaan adalah strategi bertumbuh. Oleh sebab itu, PT Semen Tonasa direkomendasikan untuk menerapkan strategi yang terkait dengan pengembangan pasar, penetrasi pasar, pengembangan produk dan integrasi kebelakang.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting |
Divisions: | Jurusan Akuntansi > D4 Akuntansi Manajerial |
Depositing User: | Sitti Maryam |
Date Deposited: | 29 Aug 2024 05:51 |
Last Modified: | 29 Aug 2024 05:51 |
URI: | https://repository.poliupg.ac.id/id/eprint/9667 |