Baztari, Annisa Alifka (2016) Pemanfaatan Aplikasi Augmented Reality Berbasis Android Sebagai Alat Bantu Diagnosa Fobia Hewan. Diploma thesis, Politeknik Negeri Ujung Pandang.
PEMANFAATAN APLIKASI AUGMENTED REALITY.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (3MB)
Abstract
Fobia hewan adalah salah satu jenis fobia spesifik yang mana penderitanya memiliki ketakutan/kejijikan yang berlebih pada hewan tertentu. Gangguan kecemasan ini sering diabaikan penderitanya. Sebagian dari mereka memilih menhindari hewan yang ditakutinya dan tidak menjalani terapi karena mereka tidak ingin dihadapkan langsung dengan hewan yang ditakutinya. Sebuah solusi dari permasalahan tersebut adalah menggunakan metode pendekatan yang tidak mengancam penderita fobia hewan, yaitu sebuah Aplikasi Terapi fobia hewan yang disebut PhobiAR.
Aplikasi PhobiAR di dalamnya terdapat beberapa objek hewan yang pada umumnya menyebabkan fobia. Pembangunan aplikasi ini menggunakan Unity 5.3.4 serta 3ds Max dan Blender 2.77 untuk pembuatan objek 3D. Disajikan pada platform Android. Pengujian aplikasi menggunakan metode black box dengan startegi validasi. Pengujian aplikasi ini dilakukan pada beberapa partisipan, baik yang menderita fobia hewan maupun tidak dan juga melibatkan psikolog/terapis. Hal tesebut untuk menentukan bahwa aplikasi PhobiAR dapat dijadikan sebagai aplikasi media terapi. Dari hasil pengujian itu dapat disimpulkan bahwa aplikasi ini bisa digunakan sebagai alternatif terapi fobia hewan karena merupakan bagian dari tahap terapi fobia dan dinyatakan aman untuk digunakan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Jurusan Teknik Elektro > D4 Teknik Komputer dan Jaringan |
Depositing User: | Rahmawati S.Sos |
Date Deposited: | 04 Jul 2024 00:38 |
Last Modified: | 04 Jul 2024 00:38 |
URI: | https://repository.poliupg.ac.id/id/eprint/9328 |