Search for collections on PNUP Repository

Analisis Strategi Usaha Cspot Ice Makassar

Henik, Wulandari (2018) Analisis Strategi Usaha Cspot Ice Makassar. Diploma thesis, Politeknik Negeri Ujung Pandang.

[thumbnail of Skripsi] Text (Skripsi)
ANALISIS STRATEGI USAHA CSPOT ICE MAKASSAR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan di CSPOT ICE Makassar pada bulan Agustus 2018 dan berlangsung selama 1 bulan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi usaha, strategi yang digunakan dan pengembangan strateginya.
Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun tipe penelitian yang digunakan yaitu tipe penelitian descriptive qualitative, yang menyajikan data analisis lingkungan internal dan ekternal perusahaan menggunakan teknik analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, Treat). Analisis tersebut dikelola menggunakan matriks EFAS (External Factory Analysis Summary), IFAS matriks (Internal Factory Analysis Summary) dan matriks SWOT.
Dari hasil penelitian diketahui ada enam faktor internal yang menjadi kekuatan dan empat faktor internal yang menjadi kelemahan. Adapun faktor internal yang menjadi kekuatan yaitu lokasi usaha yang strategis, bahan baku berkualitas, promosi yang berkesinambungan, pengelolaan sumber daya manusia yang baik, harga yang terjangkau dan menu yang beragam. Faktor internal yang menjadi kelemahan adalah ketersediaan mesin produksi yang kurang, dekorasi tempat usaha dan ketersediaan wifi. Selain dari faktor internal terdapat tiga faktor eksternal yang menjadi peluang dan empat faktor eksternal yang menjadi ancaman. Faktor eksternal yang menjadi peluang yaitu pangsa pasar yang luas, tingginya loyalitas pelanggan, dan pola hidup modern. Faktor-faktor eksternal yang menjadi ancaman yakni ketergantungan kepada pemasok, kenaikan harga barang, fluktuasi nilai tukar rupiah dan faktor musim. Strategi yang digunakan oleh CSPOT ICE adalah strategi ekspansi, di mana pengembangan strateginya berada pada posisi strategi agresif yang mengoptimalkan peluang dan kekuatan usaha. Adapun faktor internal yang perlu ditingkatkan yaitu lokasi usaha, bahan baku yang berkualitas, promosi yang berkesinambungan, pengelolaan sumber daya manusia, harga terjangkau dan menu yang beragam, sedangkan faktor eksternal yang perlu ditingkatkan adalah pola hidup modern.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Jurusan Administrasi Niaga > D4 Administrasi Bisnis
Depositing User: Nurhayati S.Sos
Date Deposited: 28 Apr 2023 07:32
Last Modified: 05 May 2023 01:10
URI: https://repository.poliupg.ac.id/id/eprint/928

Actions (login required)

View Item
View Item