Husain, Affan (2014) Implementasi dan Analisis Quality of Service (QoS) Sistem VoIP [Studi Kasus: Lab.CCNA Politeknik Negeri Ujung Pandang. Diploma thesis, Politeknik Negeri Ujung Pandang.
IMPLEMENTASI DAN ANALISIS QUALITY OF SERVICE (QOS) SISTEM VOIP.doc - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (11MB)
Abstract
Affan Husain, Implementasi dan Analisis Quality of Service (QoS) Sistem VoIP [Studi Kasus: Lab.CCNA Politeknik Negeri Ujung Pandang], Makassar. Ibrahim Abduh, S.ST,.M.T dan Sarwo Pranoto, S.T,. M.Eng.
Voice over Internet Protokol (VoIP) merupakan teknologi pengiriman paket suara melalui jaringan Internet Protocol. VoIP memberikan kemudahan dalam penerapannya dalam komunikasi, menjadi teknologi untuk mengirim suara yang dilakukan melalui media wired ataupun media wireless-LAN. Dibutuhkan suatu mekanisme sistem VoIP dan Quality of Service yang mendifinisikan karakteristik suatu layanan (service) guna mengetahui tingkat kualitas layanan tersebut pada jaringan.
Parameter Quality of Service yang digunakan untuk mengamati kualitas dari VoIP adalah delay, jitter, packet loss, dan throughput. Pengukuran Quality of Service menggunakan tools aplikasi monitoring Wireshark yang dilakukan pada media transmit via wired dan wireless.
Hasil pengujian yang dilakukan dengan skema percobaan yang sama, secara umum nilai rata-rata dari parameter Quality of Service media transmit yang dianalisa dapat dikategorikan baik atau dapat diterima menurut standar ITU-T.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Q Science > Q Science (General) Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Jurusan Teknik Elektro > D4 Teknik Komputer dan Jaringan |
Depositing User: | Rahmawati S.Sos |
Date Deposited: | 19 Jun 2024 06:38 |
Last Modified: | 19 Jun 2024 06:38 |
URI: | https://repository.poliupg.ac.id/id/eprint/9124 |