Search for collections on PNUP Repository

Pengembangan Publikasi Pariwisata Propinsi Sulawesi Selatan dengan Teknologi Augmented Reality

Abdul Rahman, Abdul Rahman (2014) Pengembangan Publikasi Pariwisata Propinsi Sulawesi Selatan dengan Teknologi Augmented Reality. Diploma thesis, Politeknik Negeri Ujung Pandang.

[thumbnail of Tugas Akhir] Text (Tugas Akhir)
ABDUL RAHMAN_Pengembangan Publikasi Pariwisata Propinsi Sulawesi Selatan dengan Teknologi Augmented Reality.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Abdul Rahman, “Pengembangan Publikasi Pariwisata Propinsi Sulawesi Selatan dengan Teknologi Augmented Reality”. Makassar. Irfan Syamsuddin dan Tjare A Tjambolang
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan, yang bertujuan untuk mengembangkan aplikasi publikasi pariwisata Propinsi Sulawesi Selatan yang berbentuk Objek 3D agar menjadi system Publikasi yang lebih elegan berorientasi pada Teknologi Augmented Reality. Pengembangan aplikasi ini menggunakan model Objek 3D dan Objek Video dengan tahapan: analisis kebutuhan sistem, merancang konsep, merancang isi, merangcang naskah, merancang grafik dan 3D, memproduksi system, mengetes system, menggunakan sistem, dan memelihara sistem.
Augmented Reality sendiri adalah suatu teknologi yang terbilang baru yang menggabungkan dunia virtual 3D dengan dunia nyata secara bersamaan. Augmented Reality memerlukan webcam untuk menangkap gambar marker yang apabila terbaca dengan baik akan muncul suatu obyek yang merupakan salah satu Objek wisata Propinsi Sulawesi Selatan. Obyek virtual 3D dibuat dengan software pembuat model
3D, dalam penelitian ini menggunakan software Blender 3D 2.70 yang di dalamnya terdapat fungsi untuk meng-export obyek 3D ke bentuk format file .dae yang dengan mudah digunakan oleh program Augmented Reality.
Dari pengujian terhadap aplikasi tersebut didapatkan beberapa kondisi, antara lain sistem dapat mendeteksi marker dengan sempurna dalam rentang jarak antara 15 -
100 cm dari kamera, dalam penelitian ini lebih sering menggunakan kamera yang ada pada laptop/notebook. Sistem tidak dapat menampilkan obyek di atas marker apabila marker terhalang oleh obyek lain di dunia nyata atau terlalu miring atau terlalu banyak cahaya maupun kekurangan sehingga marker tidak dapat dikenali.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Jurusan Teknik Elektro > D4 Teknik Komputer dan Jaringan
Depositing User: Rahmawati S.Sos
Date Deposited: 06 Jun 2024 06:34
Last Modified: 06 Jun 2024 06:34
URI: https://repository.poliupg.ac.id/id/eprint/8960

Actions (login required)

View Item
View Item