Search for collections on PNUP Repository

Pengukuran Kinerja Menggunakan Metode Balanced Scorecard Pada Pusat Koperasi Tni Angkatan Laut (Puskopal) Armada Ii Makassar

Salsabilah, Asilah (2022) Pengukuran Kinerja Menggunakan Metode Balanced Scorecard Pada Pusat Koperasi Tni Angkatan Laut (Puskopal) Armada Ii Makassar. Diploma thesis, Politeknik Negeri Ujung Pandang.

[thumbnail of Tugas Akhir] Text (Tugas Akhir)
PENGUKURAN KINERJA MENGGUNAKAN METODE BALANCED SCORECARD PADA PUSAT KOPERASI TNI ANGKATAN LAUT (PUSKOPAL) ARMADA II MAKASSAR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

RINGKASAN
Pusat Koperasi TNI Angkatan Laut (PUSKOPAL) Armada II Makassar merupakan koperasi yang bergerak dalam bidang usaha: simpan pinjam, unit jasa kontruksi, unit SPBU, serta unit usaha umum. Sesuai dengan visi-misi koperasi, diperlukan metode yang dapat mengukur kinerja koperasi secara keseluruhan yang tidak hanya berfokus pada aspek keuangan melainkan dapat mengukur aspek non keuangannya. Balanced Scorecard merupakan alat evaluasi strategi yang memungkinkan koperasi dapat mengevaluasi sasaran strategis dari semua aspek, yaitu perspektif keuangan, pelanggan, proses bisnis internal, serta pembelajaran dan pertumbuhan. Kegiatan ini bertujuan mengukur kinerja Pusat Koperasi TNI Angkatan Laut (PUSKOPAL) Armada II Makassar dengan menggunakan metode Balanced Scorecard (BSC).
Kegiatan ini merupakan penelitian deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa analisis dokumen, wawancara, dan kuesioner. Data yang digunakan adalah laporan keuangan 2019-2021, data indeks kepuasan pelanggan, dan karyawan melalui kuesioner. Teknik analisis data dengan menggunakan empat perspektif Balanced Scorecard berdasarkan perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis internal, serta perspektif pembelajaran dan pertumbuhan.
Hasil kegiatan ini menunjukkan bahwa kinerja Koperasi TNI Angkatan Laut (PUSKOPAL) Armada II Makassar berdasarkan hasil pengukuran masing-masing perspektif adalah perspektif keuangan 20%, perspektif pelanggan 100%, perspektif proses bisnis internal 50%, serta perspektif pembelajaran dan pertumbuhan 67%. Maka hasil pengukuran dengan empat perspektif Balanced Scorecard adalah 46,15%. Nilai kinerja ini dikategorikan cukup baik namun membutuhkan perhatian pada perspektif pembelajaran dan pertumbuhan yaitu tingkat kepuasan karyawan dan pada perspektif pelanggan yaitu kepuasan pelanggan dan citra koperasi untuk menindaklanjuti keluhan-keluhan dari karyawan dan pelanggan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Jurusan Akuntansi > D3 Akuntansi
Depositing User: Sitti Maryam
Date Deposited: 22 Feb 2024 06:27
Last Modified: 22 Feb 2024 06:27
URI: https://repository.poliupg.ac.id/id/eprint/8503

Actions (login required)

View Item
View Item