Shalihah, Isyraq (2023) Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Pada Pt Meida Wisata Makassar. Diploma thesis, Politeknik Negeri Ujung Pandang.
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN MELALUI KEPUASAN PELANGGAN PADA PT MEIDA WISATA MAKASSAR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (11MB)
Abstract
Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah terdapat beberapa pelanggan yang pernah menggunakan jasa travel PT Meida Wisata Makassar tidak menggunakan kembali PT Meida Wisata Makassar sebagai travel perjalanan umrah mereka disebabkan masih terdapat ketidaksesuaian pelayanan yang dijanjikan pada saat pendaftaran dengan yang terjadi selama melakukan perjalanan ibadah umrah. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan PT Meida Wisata Makassar; untuk mengetahui kepuasan pelanggan PT Meida Wisata Makassar; untuk mengetahui loyalitas pelanggan PT Meida Wisata Makassar; untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan PT Meida Wisata Makassar; untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan PT Meida Wisata Makassar.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian asosiatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan jumlah responden sebanyak 100 orang. Analisis data yang digunakan adalah uji instrumen validitas dan reliabilitas, analisis data deskriptif, uji asumsi klasik dengan uji normalitas, uji heteroskedastisitas, uji autokorelasi, analisis koefisien determinasi, analisis jalur (path analysis) dan uji sobel. Alat pengolah data menggunakan SPSS for windows versi 25.0.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti pada Pelanggan PT Meida Wisata Makassar menunjukkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan, kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan, kepuasan pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan, pengaruh langsung kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan lebih besar dibandingkan dengan pengaruh tidak langsung kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan, kepuasan pelanggan mampu memediasi variabel kualitas pelayanan dalam meningkatkan loyalitas pelanggan.
Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan, Loyalitas Pelanggan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Jurusan Administrasi Niaga > D4 Administrasi Bisnis |
Depositing User: | Nurhayati S.Sos |
Date Deposited: | 19 Feb 2024 01:45 |
Last Modified: | 19 Feb 2024 01:45 |
URI: | https://repository.poliupg.ac.id/id/eprint/8378 |