Sampeako, Dorothea Fitriani (2023) Pengaruh Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Gofood (Studi Kasus Pada Mahasiswa Jurusan Administrasi Niaga Politeknik Negeri Ujung Pandang). Diploma thesis, Politeknik Negeri Ujung Pandang.
PENGARUH HARGA DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN GOFOOD (Studi Kasus pada Mahasiswa Jurusan Administrasi Niaga Politeknik Negeri Ujung Pandang).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan teknologi saat ini yang telah banyak memberikan kemudahan untuk masyarakat dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari, salah satunya melalui aplikasi. Muncul berbagai jenis aplikasi yang dapat memudahkan masyarakat dalam melakukan pembelian makanan secara online. Salah satu layanan tersebut adalah gofood. Gofood merupakan salah satu fitur pelayanan yang ditawarkan dalam aplikasi gojek untuk memenuhi kebutuhan konsumen yaitu makanan dan minuman. Cara yang digunakan oleh layanan gofood untuk memengaruhi keputusan pembelian mahasiswa yaitu melalui harga dan promosi. Sehingga pengaruh harga dan promosi menjadi pertimbangan bagi mahasiswa dalam memilih dan menggunakan layanan tersebut.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) persepsi mahasiswa terhadap harga gofood, 2) persepsi mahasiswa terhadap promosi gofood, 3) persepsi mahasiswa terhadap keputusan pembelian pelanggan gofood, 4) pengaruh harga terhadap keputusan pembelian gofood, 5) pengaruh promosi terhadap keputusan pembelian gofood, 6) pengaruh harga dan promosi terhadap keputusan pembelian gofood.
Metode penelitian yang dilakukan adalah metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan wawancara. Sampel pada penelitian ini berjumlah 88 responden yang diambil melalui teknik purposive sampling. Untuk memperkuat penelitian dilakukan dengan menjelaskan teori-teori tentang manajemen pemasaran, harga, promosi dan keputusan pembelian. Dalam penyajian data, digunakan SPSS versi 24 untuk mengolah data sesuai rumus-rumus yang ada.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) persepsi mahasiswa terhadap gofood sesuai, 2) persepsi mahasiswa terhadap promosi gofood menarik, 3) persepsi mahasiswa terhadap keputusan pembelian pelanggan gofood baik, 4) harga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian gofood, 5) promosi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian gofood, 6) harga dan promosi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian gofood. Selain itu, koefisien determinasi penelitian ini ialah sebesar 0,640. Artinya, besarnya kontribusi variabel harga dan promosi sebesar 64% dan sisanya sebesar 36% berasal dari variabel lain di luar penelitian ini.
Kata Kunci : harga, promosi, keputusan pembelian, gofood.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Jurusan Administrasi Niaga > D4 Administrasi Bisnis |
Depositing User: | Nurhayati S.Sos |
Date Deposited: | 15 Feb 2024 06:32 |
Last Modified: | 15 Feb 2024 06:32 |
URI: | https://repository.poliupg.ac.id/id/eprint/8338 |