Search for collections on PNUP Repository

Analisis Pelayanan E-Ktp Pada Kantor Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pinrang

Nizar, Agi Jalal (2023) Analisis Pelayanan E-Ktp Pada Kantor Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pinrang. Diploma thesis, Politeknik Negeri Ujung Pandang.

[thumbnail of Skripsi] Text (Skripsi)
ANALISIS PELAYANAN E-KTP PADA KANTOR DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN PINRANG.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Obserivasi awal yang diperoleh dari informasi masyarakat yang mengeluhkan tentang proses pelayanan pengurusan e-KTP pada Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Pinrang dalam hal ini masih dinilai lambat dikarenakan keterlambatan waktu dalam penerbitan e-KTP hal ini, diketahui bahwa tidak sesuai dengan SOP pelayanan pengurusan e-KTP pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Pinrang.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengurusan analisis pelayanan e-KTP pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pinrang melalui 9 indikator persyaratan, sistem mekanisme dan prosedur, waktu penyelesaian, biaya atau tarif, produk spesifikasi jenis pelayanan, kompetensi pelaksana, perilaku pelaksana, penanganan pengaduan saran dan masukan,sarana dan prasarana.
Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif kuantitatif. Tipe penelitian ini memberikan gambaran tentang pelayanan e-KTP pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pinrang. Teknik Penarikan sampel dilakukan dengan teknik accidental sampling yaitu suatu teknik penarikan sampel dengan cara cara kebetulan yang datang ke kantor tersebut untuk mengurus e-KTP mulai proses pendaftaran sampai pengambilan e-KTP.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 9 indikator pelayanan. Dari 9 pelayanan tersebut terdapat 4 indikator taergolong sesuai atau baik yakni persyaratan, Biaya/Tarif, Perilaku pelaksana, dan penanganan pengaduan, saran dan masukan. Sementara, terdapat 5 indikator tergolong kurang sesuai atau kurang baik yakni sistem, mekanisme dan prosedur, Waktu penyelesaian, Produk spesifikasi jenis pelayanan, Kompotensi pelaksanan , dan sarana prasarana.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Jurusan Administrasi Niaga > D4 Administrasi Bisnis
Depositing User: Nurhayati S.Sos
Date Deposited: 12 Feb 2024 02:56
Last Modified: 12 Feb 2024 02:56
URI: https://repository.poliupg.ac.id/id/eprint/8312

Actions (login required)

View Item
View Item