Rosdiana, Rosdiana (2023) Penanganan Keluhan Pelanggan Bengkel Service Mobil Pada Pt Bosowa Berlian Motor Makassar. Diploma thesis, Politeknik Negeri Ujung Pandang.
PENANGANAN KELUHAN PELANGGAN BENGKEL SERVICE MOBIL PADA PT BOSOWA BERLIAN MOTOR MAKASSAR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Abstract
Kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui penanganan keluhan pelanggan pada PT Bosowa Berlian Motor Makassar melalui 5 variabel mendengarkan dan memahami, klarifikasi dan penyamaan persepsi, penjelasan dan permohonan maaf, solusi dan taking action , dan follow up.
Metode kegiatan ini yang digunakan yaitu : penelitian deskriptif atau penggambaran dimana tipe penelitian ini memberikan gambaran tentang bagaimana penanganan keluhan pelanggan pada PT Bosowa Berlian Motor Makassar. Penarikan sampelnya dilakukan dengan teknik accidental sampling, yaitu suatu teknik penarikan dimana peneliti memperoleh sampel dengan cara kebetulan. Data diperoleh secara langsung dari lokasi penelitian berdasarkan hasil kuesioner dan observasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data menggunakan skala likert.
Berdasarkan hasil kegiatan ini dapat disimpulkan bahwa penanganan keluhan pelanggan pada PT Bosowa Berlian Motor yang mengacu pada 5 (Lima) variabel penanganan keluhan pelanggan seperti mendengarkan dan memahami, klarifikasi dan penyamaan persepsi, penjelasan dan permohonan maaf, solusi dan taking action , dan follow up. Dimana variabel follow up berda pada kategori Baik dengan angka garis kontinum berada pada angka terendah dari variabel lain.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Jurusan Administrasi Niaga > D3 Administrasi Bisnis |
Depositing User: | Nurhayati S.Sos |
Date Deposited: | 05 Feb 2024 03:40 |
Last Modified: | 05 Feb 2024 03:40 |
URI: | https://repository.poliupg.ac.id/id/eprint/8237 |