Search for collections on PNUP Repository

Pengukuran Kinerja Pada Pt Sinar Galesong Pratama Makassar Dengan Menggunakan Metode Balanced Scorecard

Syidrah, Syidrah (2010) Pengukuran Kinerja Pada Pt Sinar Galesong Pratama Makassar Dengan Menggunakan Metode Balanced Scorecard. Diploma thesis, Politeknik Negeri Ujung Pandang.

[thumbnail of Tugas Akhir] Text (Tugas Akhir)
PENGUKURAN KINERJA PADA PT SINAR GALESONG PRATAMA MAKASSAR DENGAN MENGGUNAKAN METODE BALANCED SCORECARD.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Syidrah, “Pengukuran Kinerja Pada PT Sinar Galesong Pratama dengan Menggunakan Metode Balanced Scorecard” dengan Pembimbing Dr. Tawakkal, S.E.,M.Si., Ak (Pembimbing I) dan Dedy Abidin, S.E., Ak (Pembimbing II).
Perkembangan dunia bisnis yang semakin kompetitif menyebabkan perubahan besar dalam persaingan, produksi, pemasaran, pengelolaan sumber daya manusia, dan penanganan transaksi antara perusahaan dengan pelanggan dan perusahaan dengan perusahaan lain. Di dalam dunia bisnis, pihak manajemen dituntut untuk mencari alternatif lain. Bukan hanya dari aspek keuangan saja melainkan mengukur aspek non-keuangan. Dalam mengatasi kebiasaan yang muncul dari metode-metode pengukuran hanya mengukur kinerja perusahaan mempertimbangkan empat persfektif yaitu persfektif keuangan, persfektif pelanggan, persfektif bisnis internal, dan persfektif pertumbuhan serta pembelajaran.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauhmana kinerja perusahaan ditinjau dari empat perspektif Balanced Scorecard. Hasil dari penelitian ini adalah kinerja PT sinar Galesong Pratama dilihat dari empat perspektif Balanced Scorecard dapat dikatakan baik dengan mencapai indek point 75% dari standar yang ditetapkan atau sebanyak 9 dari12 tolak ukur yang digunakan oleh Balanced Scorecard. Dari pengukuran berdasarkan perspektif keuangan, perusahaan mengalami kenaikan yang cukup baik dari tahun-tahun sebelumnya. Perspektif pelanggan, untuk kepuasan pelanggan secara keseluruhan dapat diketahui baik dan mengarah pada pencapaian misi dan strategi perusahaan. Perspektif proses bisnis internal pada PT Sinar Galesong Pratama menunjukkan kinerja perusahaan dalam bisnis internal belum mamadai, dan perspektif pertumbuhan serta pembelajaran untuk kepuasan pelanggan menunjukkan tingkat kepuasan yang baik dengan indeks 6.832 point dengan interval minimum antara 5.967 sampai 7.371.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Jurusan Akuntansi > D3 Akuntansi
Depositing User: Sitti Maryam
Date Deposited: 24 Jan 2024 05:57
Last Modified: 24 Jan 2024 05:57
URI: https://repository.poliupg.ac.id/id/eprint/7958

Actions (login required)

View Item
View Item