Hidayani, Nur Amnah (2009) Analisis Faktor Penentu Keputusan Konsumen Dalam Memilih Jasa Perbankan (Studi Kasus BRI Cabang Makassar dan BRI Syariah Cabang Makassar). Diploma thesis, Politeknik Negeri Ujung Pandang.
ANALISIS FAKTOR PENENTU KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM MEMILIH JASA PERBANKAN (Studi Kasus BRI Cabang Makassar dan BRI Syariah Cabang Makassar).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (6MB)
Abstract
ABSTRAK
(Nama Penulis Nur Amnah Hidayani), Judul Tugas Akhir “Analisis Faktor Penentu Keputusan Konsumen dalam Memilih Jasa Perbankan”, (Nama Pembimbing 1 A. Gunawan, S.E., M.Com., Ak dan pembimbing II Nurhilalia, S.E., M.Si.)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel suku bunga, fasilitas pelayanan, dan promosi terhadap keputusan nasabah menabung di BRI Cabang Makassar dan untuk mengetahui pengaruh variabel bagi hasil, fasilitas pelayanan, dan promosi pada BRI Syariah Cabang Makassar.
Metode analisis yang digunakan yaitu analisis deskriptif, uji validitas, dan analisis regresi linear berganda yang terdiri dari uji F, uji t dan uji koefisien determinasi. Pengujian dilakukan menggunakan bantuan SPSS 15 for windows. Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yaitu kuesioner dan wawancara. Penelitian ini menggunakan 50 responden sebagai sampel penelitian.
Hasil penelitian ini menunjukkan Uji F dari kedua bank tersebut nilai signifikannya 0.000 < 0.05. Berdasarkan uji t bahwa dari ketiga variabel bebas, variabel promosi dengan nilai signifikan 0.007 paling mempengaruhi keputusan nasabah dalam memilih BRI Cabang Makassar dan variabel bagi hasil dengan nilai signifikan 0.019 paling mempengaruhi nasabah dalam memilih BRI Syariah Cabang Makassar.
Berdasarkan hasil di atas dapat disimpulkan bahwa variabel suku bunga, fasilitas pelayanan, dan promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan nasabah dalam memilih BRI Cabang Makassar. Variabel bagi hasil, fasilitas pelayanan, dan promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan nasabah dalam memilih BRI Syariah Cabang Makassar.
Pada penelitian ini menunjukkan bahwa pemasaran bank sangat berperan sebagai media informasi perbankan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting |
Divisions: | Jurusan Akuntansi > D3 Akuntansi |
Depositing User: | Sitti Maryam |
Date Deposited: | 23 Jan 2024 06:56 |
Last Modified: | 23 Jan 2024 06:56 |
URI: | https://repository.poliupg.ac.id/id/eprint/7928 |