skandar, Nilawati I (2010) Pelaksanaan External Public Relations Pada Pt Pln (Persero) Wilayah Sulsel, Sultra Dan Sulbar. Diploma thesis, Politeknik Negeri Ujung Pandang.
PELAKSANAAN EXTERNAL PUBLIC RELATIONS PADA PT PLN (PERSERO) WILAYAH SULSEL, SULTRA DAN SULBAR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (10MB)
Abstract
Nilawati Iskandar, Pelaksanaan External Public Relations pada PT PLN (Persero) Wilayah Sulsei, Sultra dan Sulbar (Pembimbing I: Nur Alam La Nafie dan Pembimbing II: Akhmad).
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pelaksanaan kegiatan Eksternal Public Relation pada PT PLN (Persero) Wilayah Sulsel, Sultra dan Sulbar. Dalam Penelitian ini, digunakan tipe penelitian deskriftif yaitu penelitian menggambarkan bagaimana Pelaksanaan kegiatan Eksternal Public Relations pada PT PLN (Persero) Wilayah Sulsel, Sultra dan Sulbar. Data yang diperoleh berupa hasil observasi, wawancara, dan laporan–laporan hasil penelitian yang berkaitan langsung dengan penulisan laporan tugas akhir ini. Adapun teknik penarikan sampelnya yaitu sampel jenuh. Analisis data yang dipergunakan yaitu analisis data kualitatif.
Keberadaan Departemen Komunikasi dan Hukum pada PT PLN (Persero) Wilayah Sulsel,Sultra dan Sulbar sangat menentukan pencapaian tujuan perusahaan. Departemen Komunikasi dan Hukum selalu berusaha memberikan pengertian, menumbuhkan motivasi dan senangtiasa berusaha menciptakan dan mengembangkan hubungan yang harmonis pada masyarakat melalui hubungan eksternal yaitu menjalin hubungan dengan masyarakat, pelanggan, pemerintah dan pers. Adapun kegiatan yang dilaksanakan dalam menjalin hubungan dengan public eksternalnya seperti sosialisasi, talkshow, diklat, dialog, diskusi, anjangsana, silaturahmi, penyerahan beasiswa, program bina lingkunangan, konferensi pers dan workshop. Media yang digunakan dalam menjalin hubungan eksternal yaitu surat kabar dan majalah, televisi, radio, press release, surat lansung, i-sms dan call center, Print Ad dan internet.
Penulis menyarankan agar meningkatkan program eksternal public relations agar hubungan dengan publik eksternal lebih erat. Seperti program sosialisasi kepada konsumen rumah tangga dan penggunaan media televisi lebih ditingkatkan frekuensinya.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Jurusan Administrasi Niaga > D3 Administrasi Bisnis |
Depositing User: | Nurhayati S.Sos |
Date Deposited: | 22 Jan 2024 07:36 |
Last Modified: | 22 Jan 2024 07:36 |
URI: | https://repository.poliupg.ac.id/id/eprint/7873 |