Hariastuti, Anjar Nur (2010) Prosedur Penanganan Surat Masuk Dan Surat Keluar Pada Pt Hadji Kalla. Diploma thesis, Politeknik Negeri Ujung Pandang.
ANJAR NUR HARIASTUTI_351 07 047_PROSEDUR PENANGANAN SURAT MASUK DAN SURAT KELUAR PADA PT HADJI KALLA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (780kB)
Abstract
Laporan ini berjudul Prosedur Penanganan Surat Masuk Dan Surat Keluar Pada PT Hadji Kalla khususnya surat masuk penting dan surat keluar penting pada bagian umum. Penelitian ini dilatarbelakangi karena pada kegiatan penerima surat, pencatatan surat, pengarahan surat, dan penataan surat ditangani oleh seorang karyawan sehingga menimbulkan kesulitan bagi karyawan dalam menyelesaikan tugas-tugasnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana prosedur penanganan surat masuk dan surat keluar serta kendala–kendala yan dihadapi dalam prosedur penanganan surat masuk dan surat keluar pada PT Hadji Kalla.
Adapun tipe Penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif, Data Primer diperoleh melalui pengamatan langsung (observasi), wawancara dan kuesioner sedangkan data sekunder berasal dari dokumen-dokumen kantor dan artikel. Analisis data yang digunakan adalah analisa data kualitatif yang didukung oleh data kuantitatif. Adapun jumlah populasi dalam penelitian ini adalah 21 orang dan teknik penarikan sampel yang digunakan ialah teknik penarikan sampel jenuh dimana seluruh populasi dijadikan sebagai sampel.
Berdasarkan hasil Penelitian diperoleh kesimpulan bahwa prosedur penanganan surat masuk penting dan surat keluar penting pada bagian Umum PT Hadji Kalla belum terlaksana dengan baik, disebabkan kegiatan penerima surat pencatatan surat, pengarahan surat, dan penataan surat dilakukan oleh pencatat sehingga menimbulkan pekerjaan rangkap bagi pencatat tersebut. Adapun kendala-kendala yang dihadapi adalah kurangnya pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki sumber daya manusia.
Berdasarkan hal tersebut di atas, maka penulis menyarankan perlu adanya karyawan yang secara khusus menangani kegiatan pengarahan surat dan penataan surat, serta perlu adanya pelatihan dan pendidikan khusus dalam penanganan surat menyurat bagi karyawan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Jurusan Administrasi Niaga > D3 Administrasi Bisnis |
Depositing User: | Nurhayati S.Sos |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 04:28 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 04:28 |
URI: | https://repository.poliupg.ac.id/id/eprint/7581 |