Muhammad, Yusran Syarif and Nur Ayu, Sasnita (2020) Konsep Manajemen Lalu Lintas Simpang Boulevard-A.P. Pettarani Pasca Pembukaan Tol Layang Pettarani. Diploma thesis, Politeknik Negeri Ujung Pandang.
KONSEP MANAJEMEN LALU LINTAS SIMPANG BOULEVARD-A.P. PETTARANI PASCA PEMBUKAAN TOL LAYANG PETTARANI.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (3MB)
Abstract
Pembangunan Jalan Tol Layang A.P. Pettarani diharapkan mampu menjadi salah satu solusi dari permasalahan-permasalahan lalulintas di kota Makassar, khususnya untuk jalan A.P. Pettarani. Tentu dengan adanya proyek tersebut berdampak terhadap perubahan karakteristik sistem kegiatan di kawasan tersebut salah satunya pada simpang Boulevard-Pettarani. Sehingga perlu direncanakan tindakan untuk meminimalisir dampak pasca pembangunan proyek Jalan Tol Layang A.P. Pettarani khususnya pada simpang Boulevard-Pettarani.
Penelitian ini diawali dengan melakukan peninjauan dan survey lalu lintas di simpang Boulevard selama 3 hari yaitu senin, rabu dan jumat untuk memperoleh volume lalu lintas yang melewati simpang tersebut. Sehingga diperoleh periode jam puncak dan volume terbesar yaitu, jam puncak pagi (07.00-08.00) yaitu pada hari senin sebesar 16097 kend/jam; jam puncak siang (12.00-13.00) yaitu pada hari senin sebesar 15191 kend/jam; jam puncak sore (17.00-18.00) yaitu pada hari senin sebesar 17846 kend/jam. Kemudian dilakukan analisis untuk memperoleh nilai kinerja simpang masa eksisting, tingkat pelayanan simpang pasca pembukaan dan konsep manajemen lalulintas pasca pembukaan tol layang tersebut dengan menggunakan pedoman MKJI 1997.
Hasil analisis menunjukkan bahwa kinerja simpang eksisting dalam kondisi jenuh, diperoleh nilai indeks kinerja (DS) >1, tingkat pelayanan F dengan tundaan terbesar 112,77 det/smp. Hasil analisis perkiraan tingkat pelayanan pasca pembukaan Tol Layang Pettarani diperoleh kinerja dan tingkat pelayanan yang sedikit mengalami kenaikan pada pendekat utara dan selatan, sedangkan untuk pendekat Timur tidak berdampak sama sekali terhadap adanya jalan tol layang tersebut. Kemudian dengan hasil tersebut, dilakukan manajemen lalu lintas berupa optimasi waktu sinyal sehingga diperoleh tingkat pelayanan D dengan tundaan terbesar 38.33 det/smp.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Jurusan Teknik Sipil > D4 Jasa Konstruksi |
Depositing User: | Rahmawati S.Sos |
Date Deposited: | 27 Apr 2023 03:21 |
Last Modified: | 27 Apr 2023 03:21 |
URI: | https://repository.poliupg.ac.id/id/eprint/753 |