Search for collections on PNUP Repository

Penelitian ini dilatarbelakangangi dengan belum tersedianya alat bantu desain yang membahas secara detail tentang kekuatan suatu penampang baja di Indonesia khususnya elemen tekan struktur baja. Dalam peraturan yang dibuat oleh Indonesia bercermin pada AISC (American Institute of Steel Construction) 2010 yang dituangkan ke dalam LRFD 1729-2020 serta beberapa peraturan yang dibuat beberapa tahun lalu hingga yang saat ini digunakan masih belum ada tabel dan grafik yang menampilkan kapasitas dari suatu batang tekan. Maka dari itu, tujuan dari penelitian ini adalah tersedianya tabel profil baja dalam bentuk excel yang dapat menunjukkan kapasitas beban (tekan) sesuai dengan profil tersebut disertai dengan tabel dan grafik untuk memudahkan dalam memilih profil yang ada. Penelitian ini menggunakan menggunakan metode kualitatif dengan cara mengumpulkan data dari PT. Krakatau Steel Indonesia dan PT Garuda Steel Indonesia dan melakukan validasi data serta mengembangkan data tersebut dengan beberapa peraturan yang ada sehingga dapat menghasilkan kapasitas dari suatu profil baja sesuai dengan data yang telah dikumpulkan dan disajikan dalam Lampiran. Hasil dari penelitian ini yaitu tersedianya tabel dan grafik yang menampilkan tegangan ijin atau tegangan kritis dan juga kuat tekan ijin atau kuat tekan nominal dari beberapa standar yang berlaku. Serta terdapat penerapan aplikasi penggunaan tabel dan grafik sebagai alat bantu desain untuk memudahkan dalam pemilihan penampang batang tekan elemen tekan struktur baja

Abdullah, Ali Topan and Nurhayati, Andi (2022) Penelitian ini dilatarbelakangangi dengan belum tersedianya alat bantu desain yang membahas secara detail tentang kekuatan suatu penampang baja di Indonesia khususnya elemen tekan struktur baja. Dalam peraturan yang dibuat oleh Indonesia bercermin pada AISC (American Institute of Steel Construction) 2010 yang dituangkan ke dalam LRFD 1729-2020 serta beberapa peraturan yang dibuat beberapa tahun lalu hingga yang saat ini digunakan masih belum ada tabel dan grafik yang menampilkan kapasitas dari suatu batang tekan. Maka dari itu, tujuan dari penelitian ini adalah tersedianya tabel profil baja dalam bentuk excel yang dapat menunjukkan kapasitas beban (tekan) sesuai dengan profil tersebut disertai dengan tabel dan grafik untuk memudahkan dalam memilih profil yang ada. Penelitian ini menggunakan menggunakan metode kualitatif dengan cara mengumpulkan data dari PT. Krakatau Steel Indonesia dan PT Garuda Steel Indonesia dan melakukan validasi data serta mengembangkan data tersebut dengan beberapa peraturan yang ada sehingga dapat menghasilkan kapasitas dari suatu profil baja sesuai dengan data yang telah dikumpulkan dan disajikan dalam Lampiran. Hasil dari penelitian ini yaitu tersedianya tabel dan grafik yang menampilkan tegangan ijin atau tegangan kritis dan juga kuat tekan ijin atau kuat tekan nominal dari beberapa standar yang berlaku. Serta terdapat penerapan aplikasi penggunaan tabel dan grafik sebagai alat bantu desain untuk memudahkan dalam pemilihan penampang batang tekan elemen tekan struktur baja. Diploma thesis, Politeknik Negeri Ujung Pandang.

[thumbnail of Tugas  Akhir] Text (Tugas Akhir)
(Tugas Akhir) Perencanaan Pondasi Sumuran Pada Pilar Jembatan.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Hasil penyelidikan tanah yang dilakukan dilokasi jembatan yang dibangun merekomendasikan bahwa untuk konstruksi jembatan bentang panjang disarankan untuk menggunakan pondasi tiang berupa pondasi sumuran, dimensi pondasi disarankan menggunakan dimensi kecil sehingga dapat menembus lensa pasir pada kedalaman -3,00 meter sampai -8,00 meter.
Dalam penelitian ini digunakan dua data yang diperoleh dari data lapangan dan juga data laboratorium. Data ini diperoleh langsung dari Proyek Pembangunan Sarana Dan Prasarana Perkeretaapian Umum Makassar Pare Pare Segmen F Arah Tonasa Sta 10 + 600.
Penelitian ini memiliki dua tujuan yaitu, menganalisis distribusi pembebanan yang diterima oleh pondasi sumuran pada pilar jembatan dan menganalisis daya dukung pondasi sumuran pada pilar jembatan dengan dimensi/diameter dan kedalaman yang efektif.
Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa, kapasitas daya dukung yang menggunakan metode Terzaghi dan Peck diperoleh sebesar 23241.54 kN (aman) dan penurunan yang didapatkan sebesar 2.60cm/0.0008tahun. Pilar pada pondasi aman terhadap gaya aksial, dan diperoleh Pmax sebesar 13252,40 kN dan Pmin sebesar 576,69 kN.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Jurusan Teknik Sipil > D3 Teknik Konstruksi Sipil
Depositing User: Unnamed user with username 197103102001121001
Date Deposited: 29 Nov 2023 01:02
Last Modified: 29 Nov 2023 01:02
URI: https://repository.poliupg.ac.id/id/eprint/7421

Actions (login required)

View Item
View Item