Arsuna, Marsfani and Uno, Sutarti (2011) Sistem Informasi Surat Masuk Dan Surat Keluar Berbasis Microsoft Access 2003 Pada Pt Bank Rakyat Indonesia (Persero) Kantor Cabang Somba Opu Unit Karuwisi Makassar. Diploma thesis, Politeknik Negeri Ujung Pandang.
SISTEM INFORMASI SURAT MASUK DAN SURAT KELUAR BERBASIS MICROSOFT ACCESS 2003 PADA PT BANK RAKYAT INDONESIA (PERSERO) KANTOR CABANG SOMBA OPU UNIT KARUWISI MAKASSAR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (5MB)
Abstract
Marsfani Arsuna dan Sutarti Uno, Sistem Informasi Surat Masuk dan Surat Keluar Berbasis Microsoft Access 2003 pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Kantor Cabang Somba Opu Unit Karuwisi Makassar. Dibimbing oleh, Pembimbing I, Nahlah. dan Pembimbing II, Adam Rasid.
Tipe penelitian yang digunakan adalah penelitian terapan yaitu penyelidikan yang berkenaan dengan aplikasi/penerapan teori-teori tertentu. Jadi bersifat praktis, diperlukan dalam rangka perbaikan atau penyempurnaan suatu produk atau proses tertentu, dengan menguji suatu teoritis tertentu di dalam menghadapi masalah nyata pada situasi tertentu. Misalnya penelitian tentang surat masuk dan surat keluar, jika hasilnya baik maka dapat digunakan untuk mengembangkan pengelolaan surat masuk dan surat keluar selanjutnya. Adapun tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk menghasilkan suatu rancangan dengan sistem informasi surat masuk dan keluar yang dapat memudahkan dan mengefisienkan waktu dalam mengelola surat masuk dan surat keluar pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Kantor Cabang Somba Opu Unit Karuwisi Makassar.
Tahapan yang dilakukan dalam perancangan ini yang pertama, mengindentifikasi masalah. Perancangan ini di buat karena adanya suatu permasalahan yang akan di selesaikan. Masalah perlu di identifikasi dan diketahui dengan persis. Kedua, memilih program aplikasi yaitu Microsoft Accsess 2003. Ketiga, analisis kebutuhan perancangan sistem informasi surat masuk dan surat keluar. Dalam membuat rancangan program ini, dibutuhkan alat dan bahan perancangan. Bahan yang digunakan untuk pembuatan rancangan program yaitu berupa data-data yang terdapat, terkait mengenai proses penanganan surat masuk dan surat keluar. Sedangkan alat-alat yang digunakan dalam perancangan ini terdiri dari hardware dan software. Setelah alat dan bahan perancangan telah tersedia, langkah selanjutnya adalah merancang program sesuai dengan yang diinginkan. Adapun tahap-tahap yang dilakukan dalam merancang program sistem informasi ini yaitu membuat file database sistem informasi surat; membuat table, membuat query, merancang form, merancang report, membuat macro, membuat menu utama, membuat start up, dan utility lain. Setelah program di rancang selanjutnya dilakukan pengujian terhadap hasil rancangan program.
Hasil dari rancangan sistem informasi surat masuk dan surat keluar ini yaitu suatu sistem informasi surat masuk dan surat keluar berbasis Microsoft Access 2003 yang dapat memudahkan dan mengefisienkan waktu dalam mengelola surat masuk dan surat keluar. Dalam pemrosesannya program ini lebih efisien baik dari segi penggunaan waktu maupun tenaga.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Jurusan Administrasi Niaga > D3 Administrasi Bisnis |
Depositing User: | Nurhayati S.Sos |
Date Deposited: | 24 Nov 2023 03:15 |
Last Modified: | 24 Nov 2023 03:15 |
URI: | https://repository.poliupg.ac.id/id/eprint/7379 |