Search for collections on PNUP Repository

Pelayanan Administrasi Pada Pt. Pln (Persero) Area Makassar (Studi Kasus Pelanggan Baru)

Suita, Wiwiek (2013) Pelayanan Administrasi Pada Pt. Pln (Persero) Area Makassar (Studi Kasus Pelanggan Baru). Diploma thesis, Politeknik Negeri Ujung Pandang.

[thumbnail of Tugas Akhir] Text (Tugas Akhir)
PELAYANAN ADMINISTRASI PADA PT. PLN (PERSERO) AREA MAKASSAR (STUDI KASUS PELANGGAN BARU).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Wiwiek Suita. Pelayanan Administrasi Pada PT. PLN (Persero) Area Makassar (Studi Kasus Pelanggan Baru). Hj.Asima selaku Pembimbing I dan Andi Musdariah selaku Pembimbing II.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelayanan administrasi yang diterapkan dalam hal pemasangan listrik baru pada PT.PLN (Persero) Area Makassar dan kendala-kendala apa saja yang dihadapi dalam memberikan pelayanan administrasi pemasangan listrik baru pada PT.PLN (Persero) Area Makassar.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah tipe penelitian deskriptif. Teknik penarikan sampel dalam penelitian ini yaitu accidental sampling. Sampel non probabilitas diambil secara acak dari suatu populasi. Sampel dalam penelitian ini adalah pelanggan baru yang datang di kantor PLN Area Makassar. Instrumen penelitian dengan melakukan observasi serta wawancara kepada pegawai dan pelanggan PT.PLN (Persero) Area Makassar). Data yang diperoleh, diorganisasikan menjadi satuan yang dapat dikelola, kemudian menemukan pola yang dapat dianalisis dan ditarik kesimpulan mengenai masalah yang diteliti.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pelayanan administrasi pada PT.PLN (Persero) Area Makassar (studi kasus pelanggan baru), berdasarkan indikator kualitas pelayanan menurut Zeithml, sebagian besar indikator mendapatkan tanggapan positif dari pelanggan. Namun, dalam pelaksanaan pelayanan administrasi masih saja terdapat kekurangan, seperti ukuran luas tempat parkir, lokasi toilet dan musholah, dan kurangnya komunikasi serta sosialisasi kepada pelangan . Kendala-kendala yang dihadapi pegawai dalam memberikan pelayanan, yaitu calon pelanggan baru yang masuk dalam daftar potensi pasar, alokasi anggaran besar untuk pelanggan industri, serta sertifikat laik operasi sebagai syarat administrasi yang harus dipenuhi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Jurusan Administrasi Niaga > D3 Administrasi Bisnis
Depositing User: Nurhayati S.Sos
Date Deposited: 20 Nov 2023 06:22
Last Modified: 20 Nov 2023 06:22
URI: https://repository.poliupg.ac.id/id/eprint/7190

Actions (login required)

View Item
View Item