Search for collections on PNUP Repository

Modifikasi Sistim Penyalaan dan Chasis Pada Gokart

Suwardi and Agustinus Gusti M (2009) Modifikasi Sistim Penyalaan dan Chasis Pada Gokart. Diploma thesis, Politeknik Negeri Ujung Pandang.

[thumbnail of Modifikasi Sistim Penyalaan dan Chasis Pada Gokart’.pdf] Text
Modifikasi Sistim Penyalaan dan Chasis Pada Gokart’.pdf - Published Version

Download (3MB)

Abstract

Gokart merupakan salah satu sarana hiburan dan juga dapat di kategorikan sebagai sarana olah raga otomotif. Sebagai sarana hiburan dengan sarana lainnya yang berfungsi sebagai penghilang stress atau permainan yang memiliki kesenangan tersendiri, jika dibandingkan dengan sarana hiburan lainnya, maka mengendarai gokart sangatlah menyenangkan dan membutuhkan sedikit skill untuk mengendarainya. Sedangkan dalam bidang olah raga otomotif, gokart merupakan salah satu olah raga otomotif yang memacu sedikit nyali dan adrenalin.
Pertama kali gokart masuk di Politeknik Negeri Ujung Pandang pada tahun 2001 yang dibawakan oleh Agustinus Riyadi Sugiri Dkk dengan judul “ Perawatan Dan Perbaikan Gokart”, kemudian pada tahun 2007 gokart di kembangkan kembali menjadi “Rancang Bangun Gokart Dengan Mesin Empat Langkah 125cc’’ yang dirancang oleh Hamzah Dkk.
Di Politeknik Negeri Ujung Pandang Jurusan Teknik Mesin telah mempunyai Gokart, namun terdapat beberapa kekurangan, sehingga memerlukan perbaikan dan penggantian pada komponan-komponen gokart yang telah ada. Dimana dengan menggunakan motor stater lebih memudahkan dalam menghidupkan mesin (engine on). Pada sistim chasis beberapa kontruksi dan tata letak elemen tidak seimbang, yaitu 1). Sistim kemudi pada lengan pemindah gerakan ke roda menggunakan sambungan dengan pin sehingga kemudi tidak stabil saat dimudikan; 2). Mekanisme pengereman dengan peletakan pada bagian samping dari poros penggerak sehingga saat pengereman gokart akan berbelok ke arah terjauh dari disck brake; 3). Tata letak mesin penggerak yang tidak tepat pada posisi titik berat gokart sehingga mengakibatkan cenderung berat ke arah terjauh dari posisi penggerak gokart terhadap titik beratnya.
Sebelum menganalisis gokart lebih lanjut, maka perlu ditentukan terlebih dahulu dimana titik beban dari gokart yang ada. Pada bagian sistem kemudi, kami akan memasangkan bearing pada setiap titik beban pada sistem kemudi. Pada sistem chasis, kami merubah letak posisi mesin di bagian tengah, sebab letak mesin gokart yang sekarang letaknya di bagian samping, sehingga menimbulkan kemiringan pada saat di kendarai dan kurang nyaman apabila mencapai kecepatan tinggi, pada bagian sistem pengereman kami menambah disck brake agar saat pengereman gokart tetap pada posisi stabil.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Jurusan Teknik Mesin > D3 Teknik Mesin
Depositing User: B.J.H Library PNUP
Date Deposited: 16 Nov 2023 06:43
Last Modified: 16 Nov 2023 06:43
URI: https://repository.poliupg.ac.id/id/eprint/7123

Actions (login required)

View Item
View Item