Search for collections on PNUP Repository

Modifikasi Chasis dan Kelistrikan Untuk Kendaraan Light Buggy Penggerak

Muh. Taqdir and Haerul Umam and Edi Suhedi (2009) Modifikasi Chasis dan Kelistrikan Untuk Kendaraan Light Buggy Penggerak. Diploma thesis, Politeknik Negeri Ujung Pandang.

[thumbnail of Modifikasi Chasis dan Kelistrikan Untuk Kendaraan Light Buggy Penggerak.pdf] Text
Modifikasi Chasis dan Kelistrikan Untuk Kendaraan Light Buggy Penggerak.pdf - Published Version

Download (9MB)

Abstract

, dan dengan judul Modifikasi Chasis dan Kelistrikan Untuk Kendaraan Light Buggy yang dibimbing oleh Yosrihard Basongan dan Muh. Jufri Dullah.
Light buggy merupakan salah satu jenis dari buggy yang dirancang sesuai kebutuhan kendaraan parawisata. Kapasitas yang dimiliki kendaraan ini adalah hanya mampu membawa satu orang penumpang (single seater) dan mampu membawa komponen tambahan seperti mesin dan sistem transmisi. Jalan yang mampu dilalui oleh kendaraan ini adalah jalan beraspal dan jalan tanah, karena performance dari kendaraan ini sangat terbatas. Adapun komponen utama dari light buggy ini seperti rangka, suspensi, sistem kemudi, mesin dan transmisi dan rem. Enam komponen ini sangat penting dan perlu diperhatikan dalam merancang dan membuat kendaraan light buggy. Kendaraan ini telah dibuat sebelumnya, tetapi memiliki beberapa kekurangan yang perlu untuk disempurnakan, seperti pada sistem kemudi, model rangka dan posisi mesin.
Pada sistem kemudi,kendraan sebelumnya menggunakan sistem kemudi bell crank. Sistem ini tergolong sistem kemudi manual yang mana untuk menggerakkannya diperlukan tenaga yang besar sehingga pada pembuatan kendaraan selanjutnya akan menggunakan jenis kemudi rack and pinion. Jenis kemudi rack and pinion baik digunakan karena memungkinkan roda depan dapat diarahkan sesuai arah putaran kemudi yang diinginkan dan juga rack and pinion menambah gaya yang dikirim dari roda kemudi dan gerakan putar diubah menjadi gerakan tranlasi.
Pada model rangka yang sebelumnya kurang memperhatikan keselamatan pengemudi sedangkan pada pembuatan selanjutnya akan lebih memperhatikan keselamatan pengemudi termasuk pengadaan sabuk pengaman. Untuk posisi/letak mesin, sebelumnya berada pada sistem suspensi belakang sedangkan pada pembuatan selanjutnya mesin akan ditempatkan pada rangka utama.
Pada sistem kelistrikan, kendaraan sebelumnya tidak dilengkapi dengan sistem penerangan sehingga kendaraan ini tidak dapat digunakan pada malam hari sedangkan untuk pembuatan selanjutnya diadakan penambahan sistem penerangan sehingga kendaraanjuga dapat difungsikan pada malam harinya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Jurusan Teknik Mesin > D3 Teknik Mesin
Depositing User: B.J.H Library PNUP
Date Deposited: 16 Nov 2023 01:46
Last Modified: 16 Nov 2023 01:46
URI: https://repository.poliupg.ac.id/id/eprint/7119

Actions (login required)

View Item
View Item