Natsir, A.Nurul Fajriah (2013) Perancangan Model Pengelolaan Arsip Berbasis Microsoft Access 2010 Pada Seksi Administrasi Status Kepegawaian Dan Pensiun Kantor Regional Iv Badan Kepegawaian Negara Makassar. Diploma thesis, Politeknik Negeri Ujung Pandang.
PERANCANGAN MODEL PENGELOLAAN ARSIP BERBASIS MICROSOFT ACCESS 2010 PADA SEKSI ADMINISTRASI STATUS KEPEGAWAIAN DAN PENSIUN KANTOR REGIONAL IV BADAN KEPEGAWAIAN NEGARA MAKASSAR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (7MB)
Abstract
Nurhidayah dan A Nurul Fajriah Natsir, 2013, Perancangan Model Pengelolaan Arsip Berbasis Microsoft Access 2010 Pada Seksi Status Kepegawaian dan Pensiun Kantor Regional IV Badan Kepegawaian Negara Makassar, Pembimbing 1, Nahiruddin, Pembimbing 2, Imasita.
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan suatu model rancangan pengelolaan arsip data pegawai yang mampu mengelolah data surat serta mampu menyajikan informasi secara cepat dan tepat pada Seksi Status Kepegawaian Dan Pensiun Kantor Regional IV Badan Kepegawaian Negara Makassar.
Jenis penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Desain.Dalam penelitian ini untuk merancang model pengelolaan arsip dengan menggunakan Microsoft Access 2010.Tahapan yang dilakukan dalam perancangan ini yang pertama, mengidentifikasi masalah. Perancangan ini dibuat karena adanya suatu permasalahan yang akan diselesaikan. Masalah perlu diidentifikasi dan diketahui dengan persis, sehingga program yang akan dirancang dapat menyelesaikan masalah yang ada. Kedua, memilih program aplikasi.Untuk merancang model pengelolaan arsip dibutuhkan suatu program aplikasi. Program aplikasi yang akan digunakan adalah Microsoft Access 2010. Ketiga, analisis kebutuhan rancangan model pengelolaan arsip.Dalam membuat rancangan program ini, dibutuhkan alat dan bahan perancangan.Bahan yang digunakan untuk pembuatan rancangan program yaitu berupa data-data yang terdapat, terkait mengenai pengelolaan arsip.Sedangkan alat-alat yang digunakan dalam perancangan ini terdiri dari hardware dan software. Setelah alat dan bahan perancangan telah tersedia, langkah selanjutnya adalah merancang program sesuai dengan yang dibutuhkan oleh kantor. Adapun tahap-tahap yang dilakukan dalam merancang model pengelolaan arsip ini yaitu, membuat file database perancangan model pengelolaan arsip; membuat tabel; membuat query; merancang form; merancang report; membuat macro; membuat menu utama dan membuat start up dan utility lain. Setelah program dirancang selanjutnya dilakukan pengujian terhadap hasil rancangan model pengelolaan arsip.
Hasil dari rancangan model pengelolaan arsip ini yaitu suatu program aplikasi berbasis Microsoft Access 2010 yang dapat memudahkan dalam megelolah data surat dan menyajikan informasi surat secara cepat dan tepat
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Jurusan Administrasi Niaga > D3 Administrasi Bisnis |
Depositing User: | Nurhayati S.Sos |
Date Deposited: | 14 Nov 2023 06:07 |
Last Modified: | 14 Nov 2023 06:07 |
URI: | https://repository.poliupg.ac.id/id/eprint/7092 |