Gafur, Muhammad and Basri, Muh. Farid (2022) Analisis Persepsi Penumpang Terhadap Tingkat Pelayanan Bus Rapid Transit Kota Makassar (Studi Kasus Teman Bus Trans Mamminasata). Diploma thesis, Politeknik Negeri Ujung Pandang.
ANALISIS PERSEPSI PENUMPANG TERHADAP TINGKAT PELAYANAN .... wtr.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (10MB)
Abstract
Transportasi Ekonomis Mudah Aman dan Nyaman atau disingkat Teman Bus adalah sistem transportasi angkutan cepat Bus (Bus Rapid Transit) di Indonesia yang beroperasi di berbagai Kota sebagai layanan berkonsep Buy The Service. Di Kota Makassar sendiri telah menghadirkan TEMAN Bus yang telah diresmikan Kementerian Perhubungan pada tanggal 13 November 2021 dan saat ini telah memiliki 4 (empat) koridor. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui tingkat pelayanan TEMAN Bus di Kota Makassar dengan melakukan survei pada penumpang TEMAN Bus dengan menggunakan Program IBM SPSS dengan metode Analisis Faktor serta mengetahui kualitas pelayanan yang perlu di prioritaskan untuk perbaikan. Penelitian ini juga meninjau tingkat pelayanan atau kapasitas terhadap jalan yang dilalui TEMAN Bus melalui pengolahan data menggunakan metode Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) 1997. Adapun hasil penelitian ini ialah tingkat pelayanan atau kapasitas pada jalan yang dilalui TEMAN Bus yakni U-Turn sebelum Carefour Jalan Perintis Km.9 pada periode pagi sebesar 0,75 smp/jam dengan klasifikasi tingkat pelayanan D, pada periode siang sebesar 0,68 smp/jam dengan klasifikikasi tingkat pelayanan C dan sore sebesar 0,79 smp/jam dengan klasifikasi tingkat Pelayanan D. Adapun hasil survei persepsi penumpang dengan 100 responden dan 48 butir pernyataan terbentuk 9 Faktor yang mempengaruhi tingkat kepuasan pengguna jasa yaitu (1) Faktor Fasilitas dan Ketersediaan Informasi, (2) Faktor Pelayanann Kenyamanan dan Kebersihan di dalam Bus, (3) Faktor Aksesibilitas dan Keamanan, (4) Faktor Rute dan Tarif, (5) Faktor Koridor Bus, (6) Faktor Fasilitas Pengaduan, (7) Faktor Pelayanan Petugas, (8) Faktor Aksesibilitas halte dan Pelayanan pada malam hari, (9) Faktor Fasilitas dan Kenyamanan halte serta diperoleh 2 (dua) prioritas perbaikan berdasarkan bobot variable 0,75 – 1,00 untuk prioritas pertama dan 0,75 – 0,50 untuk prioritas kedua.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Jurusan Teknik Sipil > D4 Jasa Konstruksi |
Depositing User: | Unnamed user with username 197103102001121001 |
Date Deposited: | 23 Oct 2023 08:09 |
Last Modified: | 23 Oct 2023 08:09 |
URI: | https://repository.poliupg.ac.id/id/eprint/6798 |