Rismayani, Rismayani (2013) Peranan External Public Relations Dalam Meningkatkan Kinerja Pelayanan Pada Pt Bosowa Marga Nusantara/Pt Jalan Tol Seksi Empat. Masters thesis, Politeknik Negeri Ujung Pandang.
PERANAN EXTERNAL PUBLIC RELATIONS DALAM MENINGKATKAN KINERJA PELAYANAN PADA PT BOSOWA MARGA NUSANTARAPT JALAN TOL SEKSI EMPAT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
Abstract
Rismayani, 2013,“Peranan External Public Relations Dalam Meningkatkan Kinerja Pelayanan Pada PT Bosowa Marga Nusantara/PT Jalan Tol Seksi Empat”, (Dibimbing Oleh: Enny Radjab, dan Syahriah Sari).
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peranan External Public Relations dalam meningkatkan kinerja pelayanan dan sarana komunikasi/media yang digunakan dalam membantu dan menunjang proses peranan eksternal Public Relations dalam meningkatkan pelayanan pada PT Bosowa Marga Nusantara/PT Jalan Tol Seksi Empat
Dalam penelitian ini penulis menggunakan tipe penelitian asosiatif menggunakan sampel 100 responden Merupakan penelitian yang mencari hubungan antara dua variable dengan variable lainnya. Teknik penarikan sampel yang digunakan yaitu ”Accidential sampling (Kebetulan)”, yaitu suatu teknik penarikan sampel yang paling sederhana, karena peneliti memperoleh sampel dengan cara kebetulan saja di lokasi penelitian dengan menggunakan perencanaan tertentu.
Adapun variabel yang dimaksud adalah peranan External Public Relations dan kinerja pelayanan. Data primer dalam tugas akhir ini didapatkan dari kuesioner dan wawancara. Analisa data dalam tugas akhir ini adalah analisa data kuantitatif yang dituangkan dalam bentuk tabel frekuensi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Peranan external public relations dalam meningkatkan kinerja pelayanan pada PT Bosowa Marga Nusantara/PT Jalan Tol Seksi Empat hasilnya baik. 2) Media yang digunakan dalam menjalankan peranan external public relations dalam meningkatkan kinerja pelayanan yaitu komunikasi tatap muka/komunikasi langsung (face to face communication), komunikasi media elektronik/komunikasi tidak langsung berupa televisi dan radio, brosur / majalah, pemerintah dan tokoh masyarakat.
Kata Kunci : Peranan, External Public Relations dan Kinerja Pelayanan
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Jurusan Administrasi Niaga > D4 Administrasi Bisnis |
Depositing User: | Nurhayati S.Sos |
Date Deposited: | 23 Oct 2023 06:30 |
Last Modified: | 23 Oct 2023 06:30 |
URI: | https://repository.poliupg.ac.id/id/eprint/6788 |