Search for collections on PNUP Repository

Pengelolaan Surat Dinas Di Bidang Administrasi Dan Keuangan Kantor Perum Bulog Divisi Regional Sulawesi Selatan Dan Barat

Alzah, Salam Fadillah (2014) Pengelolaan Surat Dinas Di Bidang Administrasi Dan Keuangan Kantor Perum Bulog Divisi Regional Sulawesi Selatan Dan Barat. Diploma thesis, Politeknik Negeri Ujung Pandang.

[thumbnail of Skripsi] Text (Skripsi)
PENGELOLAAN SURAT DINAS DI BIDANG ADMINISTRASI DAN KEUANGAN KANTOR PERUM BULOG DIVISI REGIONAL SULAWESI SELATAN DAN BARAT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

SALAM FADILLAH ALZAH dengan judul skripsi “Pengelolaan Surat Dinas di Bidang Administrasi dan Keuangan Kantor Perum Bulog Divisi Regional Sulselbar”. Penelitian dibimbing oleh Ibu Imasita dan Bapak Nahiruddin.
Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kualitatif, yang bertujuan untuk mengetahui penerapan Peraturan Menteri Negara Badan Usaha Milik Negara Nomor: PER-02/MBU/2012 tentang Pedoman Surat Dinas Kementerian Negara Badan Usaha Milik Negara dan untuk mengetahui kendala-kendala yang dihadapai dalam pengelolaan surat dinas di Perum Bulog Divre Sulselbar. Sampel terdiri dari 11 karyawan di Bidang Administrasi dan Keuangan perum Bulog Divre Sulselbar dan 5 surat dinas. Alat pengumpul data adalah telaah dokumen, wawancara, dan dokumentasi. Analisis kualitatif dilakukan dengan cara menyimpulkan hasil wawancara dengan metode analisis data deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan surat dinas di Perum Bulog Divre Sulselbar belum sepenuhnya mengikuti Pedoman Tata Surat Dinas yang telah ditetapkan oleh Kementerian Negara BUMN yang tertuang dalam Peraturan Menteri Negara Badan Usaha Milik Negara Nomor: PER-02/MBU/2012.
Kendala-kendala yang dihadapi dalam pengelolaan surat dinas di Bidang Administrasi dan Keuangan Perum Bulog Divre Sulselbar adalah: 1) Arsip surat dinas keluar disimpan didalam file komputer. Kesulitannya, jika pegawai tersebut ingin membuat surat dinas, harus mencari file yang sudah ada di dalam komputer, 2) tidak semua pegawai memahami pengelolaan surat dinas, 3) Tidak semua pegawai mampu mengonsep surat dinas; 4) Penggunaan Microsot Excel yang kurang maksimal dalam pengagendaan surat dinas; 5) Kebiasaan pegawai yang menggunakan file surat dinas yang telah disimpan di komputer sebagai acuan dalam membuat surat dinas. Akibatnya, pegawai kurang memperhatikan pedoman surat dinas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Jurusan Administrasi Niaga > D4 Administrasi Bisnis
Depositing User: Nurhayati S.Sos
Date Deposited: 19 Oct 2023 02:57
Last Modified: 19 Oct 2023 02:57
URI: https://repository.poliupg.ac.id/id/eprint/6666

Actions (login required)

View Item
View Item