Search for collections on PNUP Repository

Pengaruh Nilai Pelanggan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Kantor Bpjs Ketenagakerjaan Cabang Makassar

Sardi, Dadi (2014) Pengaruh Nilai Pelanggan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Kantor Bpjs Ketenagakerjaan Cabang Makassar. Diploma thesis, Politeknik Negeri Ujung Pandang.

[thumbnail of Skripsi] Text (Skripsi)
PENGARUH NILAI PELANGGAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA KANTOR BPJS KETENAGAKERJAAN CABANG MAKASSAR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

DADI SARDI, 2014. Pengaruh Nilai Pelanggan Terhadap Kepuasan Pelanggan pada Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Makassar. Dibimbing oleh Jayadi dan Syahriah Sari.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, (1) bagaimana nilai pelanggan pada kantor BPJS Ketenagakerjaan cabang Makassar, (2) bagaimana kepuasan pelanggan pada kantor BPJS Ketenagakerjaan cabang Makassar dan (3) seberapa besar pengaruh nilai pelanggan terhadap kepuasan pelanggan pada kantor BPJS Ketenagakerjaan cabang Makassar.
Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif dengan pendekatan kuantitatif, menggunakan sampel kuantitatif sebanyak 100 responden yang merupakan pelanggan BPJS Ketenagakerjaan cabang Makassar. Sumber data berupa data primer dan data sekunder dengan teknik pengumpulan data melalui penyebaran kuisoner dan wawancara. Data primer diperoleh dengan menyebarkan kuisoner kepada pelanggan yang melakukan klaim pada kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Makassar dan data sekunder diperoleh dari literatur yang berhubungan dengan objek penelitian. Teknik analisis data menggunakan analisis data kuantitatif yaitu statistik deskriptif dan statistik inferensial yang diolah dengan program SPSS.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tanggapan responden tentang nilai pelanggan BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Makassar yaitu superior, dibuktikan dengan perbandingan antara sub variabel nilai dan sub variabel biaya dari distribusi frekuensi sebesar 1.15. nilai tersebut adalah positif dan bernilai angka 1, yang berarti manfaat/nilai yang diperoleh pelanggan lebih besar dari biaya/pengorbanan yang harus diberikan pelanggan. Tanggapan responden tentang kepuasan pelanggan BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Makassar yaitu puas, dibuktikan dengan nilai perbandingan antara sub variabel ekspektasi dan sub variabel kinerja pada distribusi frekuensi sebesar 0.92, nilai tersebut adalah positif dan mendekati angka 1, artinya ekspektasi pelanggan dapat dipenuhi oleh kinerja BPJS Ketenagakerjaan. Pengaruh nilai pelanggan terhadap kepuasan pelanggan pada BPJS Ketenagakerjaan berpengaruh secara positif dan signifikan, dengan tingkat pengaruh sebesar 13.3% dan probabilitas signifikansi sebesar 0,000.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Jurusan Administrasi Niaga > D4 Administrasi Bisnis
Depositing User: Nurhayati S.Sos
Date Deposited: 18 Oct 2023 06:45
Last Modified: 18 Oct 2023 06:45
URI: https://repository.poliupg.ac.id/id/eprint/6610

Actions (login required)

View Item
View Item