Amal, Lulu Ulandari and Sallipadang, Tiara Tandiara (2022) Pengendalian Waktu Pelaksanaan Proyek Dengan Metode Crashing (Studi Kasus Gedung Sekolah Dasar Telkom Makassar). Diploma thesis, Politeknik Negeri Ujung Pandang.
PENGENDALIAN WAKTU PELAKSANAAN PROYEK ....pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (8MB)
Abstract
Pengendalian adalah suatu proses untuk mencapai hasil yang ideal. Faktor yang mempengaruhi keterlambatan pada proyek ini adalah kurangnya perencanaan yang optimal serta ketersediaan tenaga kerja yang terbilang sangat kurang. Maka dari itu perlu dilakukan pengendalian pelaksanaan suatu proyek agar proyek yang terlambat bisa dipercepat sesuai dengan kontrak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perubahan waktu dan biaya pelaksanaan proyek dengan penambahan jam kerja lembur serta mengetahui waktu optimum dan faktor yang mempengaruhi keterlambatan proyek. Penelitian ini dilakukan pada proyek pembangunan gedung Sekolah Dasar Telkom Makassar.
Metode yang digunakan adalah crashing yaitu mempersingkat waktu (durasi) pekerjaan dengan menambah jam kerja tambahan. Metode crashing yang digunakan hanya berfokus pada pekerjaan yang berada di jalur kritis dengan menggunakan Microsoft Project.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, penambahan jam kerja lembur 3 jam diperoleh durasi percepatan 156 hari dari durasi pelaksanaan 187 hari, dengan cost varience Rp. 131.610.695,00 dimana biaya normal Rp. 4.940.012.000,00 dan biaya setelah penambahan jam kerja lembur Rp. 5.071.622.695,00. Walaupun biaya yang dikeluarkan meningkat 2,7% tetapi biaya tersebut lebih rendah jumlahnya jika dibandingkan biaya denda keterlambatan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Jurusan Teknik Sipil > D3 Teknik Konstruksi Gedung |
Depositing User: | Unnamed user with username 197103102001121001 |
Date Deposited: | 10 Oct 2023 02:41 |
Last Modified: | 10 Oct 2023 02:41 |
URI: | https://repository.poliupg.ac.id/id/eprint/6204 |