Tamrin, Ayu Fadliah (2015) Penerapan Balanced Scorecard Sebagai Metode Pengukuran Kinerja Pada Pt Almira Lintang Pratama. Diploma thesis, Politeknik Negeri Ujung Pandang.
PENERAPAN BALANCED SCORECARD SEBAGAI METODE PENGUKURAN KINERJA PADA PT ALMIRA LINTANG PRATAMA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (4MB)
Abstract
Ayu Fadliah Tamrin “Penerapan Balanced Scorecard Sebagai Metode Pengukuran Kinerja Pada PT Almira Lintang Pratama”. Dengan Pembimbing I : Muh. Arsyad dan Pembimbing II : Eti Yusrianti
Pada umumnya, perusahaan masih menggunakan metode pengukuran kinerja yang menekankan pada perspektif keuangan dengan orientasi jangka pendek. Pengukuran kinerja dari perspektif keuangan dan non-keuangan lebih penting karena berorientasi jangka panjang. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur pencapaian kinerja PT Almira Lintang Pratama, sebuah perusahaan yang bergerak dibidang jasa, dengan menggunakan Balanced Scorecard sebagai metode yang bertujuan mengukur kinerja perusahaan yang menekankan keduanya, yaitu: kinerja perspektif keuangan dan kinerja perspektif non-keuangan.
Penelitian dilaksanakan dengan menggunakan data: (1) kuantitatif berupa laporan keuangan untuk menganalisis kinerja dari perspektif keuangan. Data laporan keuangan dianalisis dengan menggunakan analisis Net Profit Margin/NPM, Return On Investment/ ROI, Return On Equity/ ROE. Dan (2) kualitatif berupa hasil kuesioner dan wawancara yang dilakukan kepada karyawan dan pelanggan PT Almira Lintang Pratama untuk mengukur kinerja dari perspektif non-keuangan. Sampel pada penelitian ini untuk pelanggan adalah PT PLN Makassar, PT Pelindo, PT Barry Callebaut Canextra Indonesia, Bank Indonesia, dan JMK (Jasa Management Kontruksi) dan sampel untuk karyawan adalah PT PLN Rayon Area Makassar, Makassar Barat, Makassar Selatan Makassar Utara, Makassar Timur, Maros, dan karyawan outsourcing yang ada di JMK (Unit Manajemen Kontruksi).
Hasil analisis menunjukkan bahwa, hanya ROE yang mencapai standar yang ditetapkan sedangkan NPM dan ROI berada dibawah standar yang ditetapkan, sehingga perspektif keuangan dapat dikategorikan cukup baik. Data non-keuangan dari : perspektif (1) pelanggan berupa kuesioner kinerja dinilai baik, (2) bisnis internal berupa inovasi kinerja dari tingkat pendidikan karyawan dikategorikan baik, (3) pertumbuhan dan pembelajaran berupa kuesioner kepuasan karyawan dan pelatihan dinilai cukup baik. Secara keseluruhan, dengan perhitungan standar persentase, kinerja PT Almira Lintang Pratama dikategorikan cukup baik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting |
Divisions: | Jurusan Akuntansi > D4 Akuntansi Manajerial |
Depositing User: | Sitti Maryam |
Date Deposited: | 10 Oct 2023 01:51 |
Last Modified: | 10 Oct 2023 01:51 |
URI: | https://repository.poliupg.ac.id/id/eprint/6190 |