Search for collections on PNUP Repository

Rancang Bangun Sistem Kemudi dan Sistem Rem Pada Mobil Listrik

Muh. Arifsa Zamaun and Muhammad Habibi and Muh. Rifaldi (2016) Rancang Bangun Sistem Kemudi dan Sistem Rem Pada Mobil Listrik. Diploma thesis, Politeknik Negeri Ujung Pandang.

[thumbnail of Rancang Bangun Sistem Kemudi dan Sistem Rem Pada Mobil Listrik.pdf] Text
Rancang Bangun Sistem Kemudi dan Sistem Rem Pada Mobil Listrik.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Sistem kemudi dan sistem rem merupakan salah satu unit pendukung terpenting dalam sistem pada sebuah kendaraan atau mobil. Sistem kemudi digunakan sebagai untuk mengatur arah laju kendaraan sesuai keinginan si pengemudi kendaraan. Sistem kemudi dipasang pada roda depan kendaraan atau mobil yang dihubungkan ke depan tempat duduk si pengemudi mobil dengan berbagai komponen yang salah satu komponennya yaitu roda kemudi (setir) yang digunakan si pengemudi untuk mengendalikan mobil.
Dan sistem rem digunakan sebagai untuk memperlambat laju kendaraan dan menghentikan kendaraan, sistem ini dipasang di setiap roda kendaraan atau mobil yang dihubungkan ke bawah kaki si pengendara dengan berbagai komponen yang dihubungkan yang salah satu komponennya yaitu pedal rem untuk ditekan oleh kaki pengemudi supaya dapat memperlambat laju dan menghentikan mobil.
Penelitian sistem kemudi dan sistem rem ini dilakukan untuk bisa diaplikasikan dan digunakan pada mobil listrik yang akan diikut sertakan pada program Ristekdikti dalam penyelenggaraan kompetesi KMHE (Kontes Mobil Hemat Energi).
Penelitian sistem kemudi dan sistem rem ini menggunakan bahan dan alat yang kebanyakan dirakit sendiri dan diuji secara manual sesuai alat uji yang ada disediakan oleh Jurusan Mesin Politeknik Negeri Ujung Pandang.
Berdasarkan penelitian dan pengujian yang dilakukan yaitu pada sistem kemudi dilakukan pengujian yaitu pengujian sudut belok memperoleh sudut belok ke kanan 40 ° dan ke kiri 50 ° , pengujian sentakan roda kemudi pada jalur zig zag dan pengujian radius belok. Dan pada sistem rem dilakukan pengujian yaitu pengujian pada komponen komponen sistem rem dan pengujian kevakuman sistem rem.
Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kinerja sistem kemudi dan sistem rem pada mobil listrik dapat diapliksikan dan digunakan dengan baik terkhusus pada mobil listrik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Jurusan Teknik Mesin > D3 Teknik Otomotif
Depositing User: B.J.H Library PNUP
Date Deposited: 20 Sep 2023 01:53
Last Modified: 20 Sep 2023 01:53
URI: https://repository.poliupg.ac.id/id/eprint/5640

Actions (login required)

View Item
View Item