Putra, Tri Adi (2016) Pengaruh Relationship Marketing Terhadap Loyalitas Nasabah Pada Pt Bank Pembangunan Daerah Papua Cabang Makassar. Diploma thesis, Politeknik Negeri Ujung Pandang.
PENGARUH RELATIONSHIP MARKETING TERHADAP LOYALITAS NASABAH PADA PT BANK PEMBANGUNAN DAERAH PAPUA CABANG MAKASSAR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (4MB)
Abstract
TRI ADI PUTRA, 2016. “Pengaruh Relationship Marketing Terhadap Loyalitas Nasabah pada PT Bank Pembangunan Daerah Papua Cabang Makassar” (Dibimbing oleh Jayadi sebagai Pembimbing I dan Syahriah Sari sebagai Pembimbing II). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Bagaimana persepsi nasabah terhadap penerapan relationship marketing pada PT Bank Pembangunan Daerah Papua cabang Maakassar, (2) bagaimana tingkat loyalitas nasabah, dan (3) Seberapa besar pengaruh penerapan relationship marketing terhadap loyalitas nasabah PT Bank Pembangunan Daerah Papua Cabang Makassar.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif yang terdiri dari 100 responden yang merupakan nasabah penabung PT Bank Pembangunan Daerah Papua cabang Makassar. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner dan wawancara berupa data primer dan sekunder. Teknik analisis data menggunakan analisis data kuantitatif yaitu statistik deskriptif dan statistik inferensial yang diolah dengan program SPSS versi 21.0.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi nasabah terhadap penerapan relationship marketing pada PT Bank Pembangunan Daerah Papua cabang Maakassar yaitu sangat baik, dibuktikan dengan nilai rata-rata keseluruhan pernyataan yaitu 3,42 yang berada pada interval 3,25- 4,00 yang berarti sangat baik. Tingkat loyalitas nasabah PT Bank Papua cabang Maakassar yaitu sangat baik dibuktikan dengan nilai rata-rata dari keseluruhan pernyataan sebesar 3,45 yang berada pada interval 3,25 – 4,00. Adapun pengaruh relationship marketing terhadap loyalitas nasabah pada PT Bank Pembangunan Daerah Papua cabang Makassar berpengaruh secara signifikan, ini dibuktikan dengan tingkat pengaruh sebesar 26,80% dan probabilitas signifikan sebesar 0,000.
Kata Kunci Relationship Marketing, Loyalitas Nasabah.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Jurusan Administrasi Niaga > D4 Administrasi Bisnis |
Depositing User: | Nurhayati S.Sos |
Date Deposited: | 19 Sep 2023 03:04 |
Last Modified: | 19 Sep 2023 03:04 |
URI: | https://repository.poliupg.ac.id/id/eprint/5577 |