Nur, Nurfasirah Muh. (2016) Pelayanan Keluhan Pelanggan pada Pdam Unit Tamalanrea. Diploma thesis, Politeknik Negeri Ujung Pandang.
PELAYANAN KELUHAN PELANGGAN PADA PDAM UNIT TAMALANREA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Abstract
Nurfasirah Muh. Nur 2016 . Pelayanan Keluhan Pelanggan pada PDAM Unit Tamalanrea. Dibimbing oleh Ibu Asima sebagai pembimbing I, dan Bapak Paramudia sebagai pembimbing II.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pihak PDAM Unit Tamalanrea menangani keluhan pelanggan dan apa saja kendala-kendala yang dihadapi pihak PDAM Unit Tamalanrea dalam menangani keluhan tersebut. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kombinasi kuantitatif dan kualitatif. Dalam penelitian ini penulis menggunakan tipe penelitian statistik deskriptif. Data kuantitatif diperoleh dari kuesioner dan diolah menggunakan tabel distribusi frekuensi sedangkan data kualitatif diperoleh dari wawancara. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh masyarakat pelanggan pada PDAM Unit Tamalanrea. Teknik penarikan sampel yang digunakan yaitu “Accidental Sampling” yaitu teknik penarikan sampel dengan cara kebetulan di lokasi penelitian dengan tidak menggunakan perencanaan tertentu.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelayanan keluhan pelanggan pada PDAM Unit Tamalanrea berada pada kategori baik. Adapun kendala-kendala yang dihadapi dalam melayani keluhan pelanggan ada empat yaitu sarana prasarana yang kurang memadai, kondisi lingkungan kerja yang kurang mendukung, kondisi emosional pelanggan yang kurang terkendali dan pemberian informasi yang kurang lengkap dari pelanggan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Jurusan Administrasi Niaga > D4 Administrasi Bisnis |
Depositing User: | Nurhayati S.Sos |
Date Deposited: | 14 Sep 2023 06:59 |
Last Modified: | 14 Sep 2023 06:59 |
URI: | https://repository.poliupg.ac.id/id/eprint/5469 |