Alifia, Putri (2022) Pengaruh Kesadaran Merek Terhadap Keputusan Pembelian Digital Payment Ovo Mahasiswa Politeknik Negeri Ujung Pandang. Diploma thesis, Politeknik Negeri Ujung Pandang.
PENGARUH KESADARAN MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ...pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (3MB)
Abstract
Perkembangan teknologi digital berkembang sangat pesat, termasuk dalam industri keuangan. Salah satu bentuk inovasi teknologi berbasis digital di industri jasa keuangan adalah hadirnya pembayaran digital. Ada banyak merek pembayaran digital yang berkembang di Indonesia. OVO adalah salah satunya. Namun, dengan banyaknya pilihan merek pembayaran digital, menyebabkan konsumen merasa bingung untuk memilih merek pembayaran digital yang ingin digunakan.
Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa Politeknik Negeri Ujung Pandang pengguna OVO. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui bagaimana persepsi mahasiswa Politeknik Negeri Ujung Pandang terhadap kesadaran merek digital payment OVO 2) untuk mengetahui keputusan pembelian mahasiswa Politeknik Negeri Ujung Pandang terhadap digital payment OVO 3) untuk mengetahui pengaruh kesadaran merek terhadap keputusan pembelian digital payment OVO mahasiswa Politeknik Negeri Ujung Pandang.
Tipe penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah tipe penelitian asosiatif dan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan pengumpulan data melalui kuesioner dan wawancara. Kuesioner dibagikan kepada mahasiswa Politeknik Negeri Ujung Pandang yang menggunakan digital payment OVO sebanyak 98 responden. Adapun teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Data yang diperoleh diolah dan dianalisis menggunakan uji validitas dan reliabilitas, uji normalitas, uji autokorelasi, uji heteroskedastisitas, uji t, uji regresi linear sederhana, dan koefisien determinasi dengan bantuan program Software Statistic Package for Sosial Sciences (SPSS) 26,0.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) persepsi mahasiswa Politeknik Negeri Ujung Pandang terhadap kesadaran merek berada pada kategori “baik”, hal ini didasarkan pada hasil nilai rata-rata yang diperoleh adalah 3,17 2) persepsi mahasiswa Politeknik Negeri Ujung Pandang terhadap keputusan pembelian digital payment OVO berada pada kategori “baik”, hal ini didasarkan pada hasil nilai rata-rata yang diperoleh adalah 3.18 3) kesadaran merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian digital payment OVO mahasiswa Politeknik Negeri Ujung Pandang, dengan memperoleh nilai R Square sebesar 0,562 yang berarti kesadaran merek berkontribusi sebesar 56,2% dalam mempengaruhi keputusan pembelian digital payment OVO.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Jurusan Administrasi Niaga > D4 Administrasi Bisnis |
Depositing User: | Unnamed user with username 197103102001121001 |
Date Deposited: | 12 Sep 2023 03:31 |
Last Modified: | 12 Sep 2023 03:31 |
URI: | https://repository.poliupg.ac.id/id/eprint/5298 |