Search for collections on PNUP Repository

Analisis Kualitas Jasa Pada Seksi Pencairan Dana Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (Kppn) Makassar Ii Melalui Pendekatan Confirmatory Factor Analysis (Cfa)

Budiman, Sitti Sulhartini (2017) Analisis Kualitas Jasa Pada Seksi Pencairan Dana Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (Kppn) Makassar Ii Melalui Pendekatan Confirmatory Factor Analysis (Cfa). Diploma thesis, Politeknik Negeri Ujung Pandang.

[thumbnail of Skripsi] Text (Skripsi)
ANALISIS KUALITAS JASA PADA SEKSI PENCAIRAN DANA KANTOR PELAYANAN PERBENDAHARAAN NEGARA (KPPN) MAKASSAR II MELALUI PENDEKATAN CONFIRMATORY FACTOR ANALYSIS (CFA).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi awal yang telah dilakukan di Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Makassar II, diketahui bahwa terdapat permasalahan mengenai kualitas jasa pada seksi pencairan dana, yaitu masih banyak satuan kerja yang mengeluhkan waktu tunggu pelayanan yang terlalu lama. Maka, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kualitas jasa yang diberikan oleh Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Makassar II dan untuk mengetahui indikator apa yang paling mempengaruhi kualitas jasa.
Data diperoleh dari hasil wawancara, observasi dan penyebaran kuesioner. Populasi dari penelitian ini sebanyak 1.241 orang. Sampel yang digunakan sebanyak 112 dan informan sebanyak 6 orang. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dan asosiatif, yang dilakukan dengan Confirmatory Factor Analysis (CFA) dengan menggunakan software AMOS.
Hasil penelitian diketahui bahwa seksi pencairan dana Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Makassar II memiliki kualitas yang baik, dimana kelima dimensi kualitas jasa yang dijadikan tolak ukur yaitu tangible (bukti fisik), reliability (keandalan), responsiveness (daya tanggap), assurance (jaminan), dan empathy (empati) seluruhnya berada pada kategori baik. Adapun variabel yang paling berpengaruh dalam membentuk kualitas jasa pada seksi pencairan dana Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Makassar II yaitu dimensi responsiveness.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Jurusan Administrasi Niaga > D4 Administrasi Bisnis
Depositing User: Nurhayati S.Sos
Date Deposited: 31 Aug 2023 06:35
Last Modified: 31 Aug 2023 06:35
URI: https://repository.poliupg.ac.id/id/eprint/5113

Actions (login required)

View Item
View Item