Search for collections on PNUP Repository

Pelaksanaan Penanganan Keluhan Pelanggan Pada Customer Service Bank Mandiri Cabang Bone

Maulina, Surya (2022) Pelaksanaan Penanganan Keluhan Pelanggan Pada Customer Service Bank Mandiri Cabang Bone. Diploma thesis, Politeknik Negeri Ujung Pandang.

[thumbnail of Tugas Akhir] Text (Tugas Akhir)
PELAKSANAAN PENANGANAN KELUHAN PELANGGAN ....pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Perusahaan dalam memberikan pelayanan, tentu mewajibkan seluruh karyawannya untuk memberikan pelayanan yang terbaik. Salah satu hal yang dapat berpengaruh terhadap keberhasiilan suatu perusahaan perbankan adalah penanganan keluhan yang baik yang diberikan kepada pelanggannya.
Kegiatan penyusunan Tugas Akhir ini dilakukan untuk mengetahui Penanganan keluhan pelanggan pada customer service bank mandiri cabang bone. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan kuesioner, Tipe kegiatan yang digunakan penulis dalam tugas akhir adalah deskriptif, yaitu menggambarkan tentang bagaimana Pelaksanaan Penanganan Keluhan Pelanggan pada Customer Service Bank Mandiri Cabang Bone. Kegiatan ini menggunakan tenkik analisis statistika deskriptif yaitu dengan menggunakan tabel yang berdasarkan pada hasil kuesioner yang disebarkan kepada nasabah dengan menggunakan skala likert.

kemudian data tersebut dianalisa dengan menggunakan skala likert dan garis kontinum. Adapun teknik penarik sampel yang digunakan yakni purposive sampling dengan menggunakan responden sebagai sampel yang secara sengaja bertemu dengan peneliti yang dapat ditunjuk langsung dan dianggap dapat menajdi sumber data.
Hasil kegiatan ini menunjukkan bahwa penanganan keluhan pelanggan pada customer service Bank Mandiri cabang Bone dengan mengacu pada lima (5) dimensi penanangan keluhan yaitu: Mendengarkan dan memahami, klarifikasi dan penyamaan presepsi, Penjelasan dan permohonan maaf, solusi dan Taking Action serta Follow up berada pada kategori sangat baik dengan perolehan nilai rata-rata keseluruhan skor sebanyak 235.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Jurusan Administrasi Niaga > D3 Administrasi Bisnis
Depositing User: Unnamed user with username 197103102001121001
Date Deposited: 30 Aug 2023 06:44
Last Modified: 30 Aug 2023 06:44
URI: https://repository.poliupg.ac.id/id/eprint/5084

Actions (login required)

View Item
View Item