Search for collections on PNUP Repository

Penerapan Customer Relationship Management Pada Balai Kesehatan Tradisional Masyarakat (BKTM) Makassar

Noer Korowi, Muh. Fajar C. (2022) Penerapan Customer Relationship Management Pada Balai Kesehatan Tradisional Masyarakat (BKTM) Makassar. Diploma thesis, Politeknik Negeri Ujung Pandang.

[thumbnail of Tugas Akhir] Text (Tugas Akhir)
PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP PELAYANAN .....pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Kegiatan ini dilatarbelakangi atas kesadaran mengenai pengaruh Customer Relationship Management (CRM) pada tumbuhnya kesetiaan pelanggan pada sebuah perusahaan yang mampu memberikan keuntungan bagi perusahaan itu sendiri. Persaingan bisnis pada sektor kesehatan yang tinggi menjadi masalah tersendiri yang mengharuskan BKTM Makassar untuk menarik dan menjaga pelanggannya agar tetap setia. Adapun tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengetahui bagaimana Balai Kesehatan Tradisional Masyarakat (BKTM) Makassar menerapkan Customer Relationship Management (CRM) sebagai upaya mendapatkan kesetiaan pelanggan dan meningkatkan penjualan.
Tipe kegiatan ini adalah tipe kegiatan deskriptif dengan teknik analisis data deskriptif kualitatif. Adapun data yang diolah adalah informasi yang diperoleh melalui berbagai teknik pengambilan data yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi.
Melalui kegiatan ini, diketahui bahwa dalam menerapkan Customer Relationship Management, BKTM Makassar melakukan 4 proses dalam komponen utama CRM meliputi Identifikasi Prospek, Differensiasi, Interaksi dan Personalisasi. Selain itu untuk memaksimalkan pencapaian tujuan CRM, BKTM Makassar melakukan Continuity Marketing, One to One Marketing dan Partnerting Program. Penerapan CRM pada BKTM Makassar dapat dikatakan cukup baik sehingga BKTM Makassar mengalami peningkatan penjualan dan pendapatan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Jurusan Administrasi Niaga > D3 Administrasi Bisnis
Depositing User: Unnamed user with username 197103102001121001
Date Deposited: 29 Aug 2023 07:05
Last Modified: 29 Aug 2023 07:05
URI: https://repository.poliupg.ac.id/id/eprint/5041

Actions (login required)

View Item
View Item