Search for collections on PNUP Repository

Pelayanan Pembuatan Sertifikat Tanah Pada Badan Pertanahan Nasional Kantor Kota Makassar Periode 2017

Hajrah, Hajrah (2017) Pelayanan Pembuatan Sertifikat Tanah Pada Badan Pertanahan Nasional Kantor Kota Makassar Periode 2017. Diploma thesis, Politeknik Negeri Ujung Pandang.

[thumbnail of Skripsi] Text (Skripsi)
PELAYANAN PEMBUATAN SERTIFIKAT TANAH PADA BADAN PERTANAHAN NASIONAL KANTOR KOTA MAKASSAR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Hajrah 2017 . Pelayanan pembuatan sertifikat tanah pada Badan Pertanahan Nasional Kantor Kota Makassar. Dibimbing oleh Ibu Asima sebagai pembimbing I, dan Bapak Nahiruddin sebagai pembimbing II.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan yang diberikan oleh pihak pada Badan Pertanahan Nasional Kantor Kota Makassar dan apa saja kendala-kendala yang dihadapi dalam pembuatan sertifikat tanah tersebut. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kombinasi kuantitatif dan kualitatif. Dalam penelitian ini penulis menggunakan tipe penelitian statistik deskriptif. Data kuantitatif diperoleh dari kuesioner dan diolah menggunakan tabel distribusi frekuensi sedangkan data kualitatif diperoleh dari wawancara. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh masyrakat yang melakukan pengurusan pembuatan sertifikat tanah pada Badan Pertanahan Nasional Kantor Kota Makassar selama kurun waktu penelitian berlangsung, dan 3 orang pegawai yang menjadi informan dalam penelitian ini yaitu pada bagian pengecekan informasi mengenai kelangkapan berkas, kemudian pada bagian pengukuran dan penerbitan sertifikat tanah.

Teknik penarikan sampel yang digunakan yaitu “Accidental Sampling” yaitu teknik penarikan sampel dengan cara kebetulan di lokasi penelitian dengan tidak menggunakan perencanaan tertentu.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan yang diberikan oleh petugas pelayanan pada Badan Pertanahan Nasional Kantor Kota Makassar sudah baik, namun masi ada beberapa bagian dari responden yang menanggapi kurang baik, diantaranya kedisiplinan petugas pelayanan, kecepatan pelayanan, keadilan mendapatkan pelayanan, kepastian jadwal pelayanan

Adapun kendala-kendala yang dihadapi dalam pembuatan sertifikat tanah yaitu kurangnya tenaga kerja, pemohon tidak mengetahui asal usul riwayat tanah, kemudian konflik status tanah dimakssar terlalu banyak dan 90 % masyarakat tidak mengetahui hal tersebut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Jurusan Administrasi Niaga > D4 Administrasi Bisnis
Depositing User: Nurhayati S.Sos
Date Deposited: 23 Aug 2023 02:32
Last Modified: 23 Aug 2023 02:32
URI: https://repository.poliupg.ac.id/id/eprint/4910

Actions (login required)

View Item
View Item