Afrianti, Wahyuni (2019) Rancang Bangun Aplikasi 3d Virtual Reality Sebagai Media Pengenalan Kosa Kata Bahasa Inggris Bagi Anak-Anak. Diploma thesis, Politeknik Negeri Ujung Pandang.
RANCANG BANGUN APLIKASI 3D VIRTUAL REALITY SEBAGAI MEDIA .pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Abstract
Mempelajari bahasa asing bagi anak-anak tak bisa lepas dari unsur penguasaan kosa kata yang begitu luas. Dalam proses pembelajaran pun media yang digunakan harus dapat menarik perhatian anak sehingga dapat menumbuhkan motivasi belajar, namun masih ditemukan anak yang terlihat kaku dalam mengenalkan kosa kata bahasa inggris, karena pembelajaran bahasa Inggris dianggap sulit dan tidak menyenangkan. Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk merancang sebuah aplikasi 3D Virtual Reality Sebagai Media Pengenalan Kosa Kata Bahasa Inggris Bagi Anak-Anak berbasis android dengan memanfaatkan teknologi virtual reality.
Penelitian ini menggunakan metode pengembangan multimedia meliputi tahap studi literatur, perancangan aplikasi, prototype aplikasi berupa pembuatan objek 3D dan interface aplikasi, tahap pengujian dan tahap implementasi. Aplikasi ini dibuat dengan menggunakan Unity 3D dan GoogleCarboard sebagai Software Development Kit (SDK). Aplikasi berjalan pada system operasi android dan dihubungkan dengan media berupa VR box serta joystick controller. Adapun hasil pengujian terhadap aplikasi yang telah dibangun menunjukkan bahwa seluruh perancangan aplikasi Basic Vocab telah terpenuhi sesuai dengan indikator pengujian.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science |
Divisions: | Jurusan Teknik Elektro > D4 Teknik Multimedia dan Jaringan |
Depositing User: | Unnamed user with username 197103102001121001 |
Date Deposited: | 08 Aug 2023 00:21 |
Last Modified: | 08 Aug 2023 00:21 |
URI: | https://repository.poliupg.ac.id/id/eprint/4740 |