Search for collections on PNUP Repository

Perancangan Aplikasi Mobile Tata Tulis Karakter Huruf Jepang Hiragana Dan Katakana Untuk Pemula

Asyirah, Sri Puji (2019) Perancangan Aplikasi Mobile Tata Tulis Karakter Huruf Jepang Hiragana Dan Katakana Untuk Pemula. Diploma thesis, Politeknik Negeri Ujung Pandang.

[thumbnail of Skripsi] Text (Skripsi)
PERANCANGAN APLIKASI MOBILE TATA TULIS KARAKTER HURUF JEPANG HIRAGANA DAN KATAKANA UNTUK PEMULA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Jepang adalah salah satu negara yang berpengaruh kuat di dunia, baik dari segi perekonomian, pendidikan maupun budaya. Oleh karena itu, banyak orang dari berbagai negara yang tertarik untuk mempelajari banyak hal tentang negeri matahari terbit ini, salah satunya mengenai kebudayaan atau bahasa yang digunakan. Bahasa Jepang menggunakan tiga jenis karakter huruf yang berbeda dari alphabet pada umumnya. Adapun ketiga jenis huruf yang digunakan yaitu Hiragana (ひらがな), Katakana (かたかな), dan Kanji (かんじ). Hiragana merupakan karakter huruf untuk menuliskan kosakata asli dari bahasa Jepang. Katakana merupakan karakter huruf Jepang untuk menuliskan kata-kata yang berasal dari bahasa asing yang kemudian diserap ke dalam bahasa Jepang. Adapun untuk Kanji yang merupakan aksara Tionghoa yang digunakan untuk melambangkan suatu konsep atau mewakili suatu kata dalam bahasa Jepang. Penulisan ketiga huruf ini memiliki kaidah-kaidah tertentu, dimana kaidah penulisan tersebut yang seringkali menjadi masalah tersendiri bagi para pemula yang ingin mempelajari bahasa Jepang. Untuk dapat memahami penulisan huruf-huruf jepang ini diperlukan sebuah pembelajaran yang intens atau berulang.Pada penelitian ini aplikasi yang dibuat merupakan aplikasi tata tulis huruf karakter Jepang. Pada aplikasi memiliki fitur untuk dapat menulis/menggambar huruf, mendengar pelafalan/penyebutan huruf serta kuis. Pengujian aplikasi dilakukan dengan Black-Box Testing dan User Acceptance Testing (UAT) untuk mengetahui kesesuaian aplikasi dengan kebutuhan pengguna.Hasil yang didapatkan yaitu berupa aplikasi mobile yang berbasis android. Berdasarkan hasil pengujian terhadap 20 pengguna, diperoleh nilai 92,18% dari segi manfaat dan 89,75% dari segi tampilan yang sudah termasuk dalam kategori sangat baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Divisions: Jurusan Teknik Elektro > D4 Teknik Multimedia dan Jaringan
Depositing User: Unnamed user with username 197103102001121001
Date Deposited: 08 Aug 2023 00:01
Last Modified: 08 Aug 2023 00:01
URI: https://repository.poliupg.ac.id/id/eprint/4735

Actions (login required)

View Item
View Item