Manaek Dase, Ayulestari (2018) Rancang Bangun Augment Reality Pada Pembelajaran Biologi Sintesis Protein Berbasis Android. Diploma thesis, Politeknik Negeri Ujung Pandang.
RANCANG BANGUN AUGMENT REALITY PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI SINTESIS PROTEIN BERBASIS ANDROID.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Abstract
Kemajuan teknologi dibidang pendidikan salah satu upaya dalam menunjang proses belajar mengajar salah satunya pada pembelajaran biologi sintesis protein. Pada umumnya materi yang diberikan pada siswa sangat monoton sehingga membuat siswa menjadi jenuh dalam mengikuti pelajaran. Masalah ini dapat diatasi dengan menggunakan Augmented Reality berbasis android yakni memasukkan teknologi AR kedalam buku pembelajaran sintesis protein, sehingga buku pembelajaran sintesis protein ini menjadi lebh real dengan adanya objek 3D. Namun hingga saat ini belum dilakukan perancangan hal itu.
Penelitian ini dilakukan sebagai media pelengkap buku pada pembelajaran biologi yang dimana bertujuan untuk membantu siswa dan mahasiswa untuk memahami serta memberikan pengalaman berbeda. Sehubungan dengan itu, penelitian ini diawali dengan perancangan desain sistem dan perancangan desain antar muka. Pengumpulan data dilakukan dengan studi pustaka, sedangkan analisis aplikasi dilakukan dengan menggunakan metode sistem blackbox.
Berdasarkan hasil dari pengujian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa aplikasi dapat memberikan ketertarikan terhadap siswa maupun mahasiswa serta menerapkan augmented reality sebagai media alternative untuk melengkapi buku mejadi lebih interaktif pada pembelajaran biologi
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science |
Divisions: | Jurusan Teknik Elektro > D4 Teknik Multimedia dan Jaringan |
Depositing User: | Unnamed user with username 197103102001121001 |
Date Deposited: | 07 Aug 2023 03:43 |
Last Modified: | 07 Aug 2023 03:43 |
URI: | https://repository.poliupg.ac.id/id/eprint/4715 |