Search for collections on PNUP Repository

Analisis Sentimen Publik Terhadap Pelayanan Pemerintah Kota Makassar Berdasarkan Data Sosial Media

ROSDIANA, ROSDIANA (2019) Analisis Sentimen Publik Terhadap Pelayanan Pemerintah Kota Makassar Berdasarkan Data Sosial Media. Diploma thesis, Politeknik Negeri Ujung Pandang.

[thumbnail of Skripsi] Text (Skripsi)
ANALISIS SENTIMEN PUBLIK TERHADAP PELAYANAN PEMERINTAH.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Dalam melakukan perbaikan terhadap pelayanan pemerintah membutuhkan feedback dari masyarakat yang merupakan sumber informasi untuk meningkatkan kinerja. Salah satu cara untuk mendapatkan umpan balik dari masyarakat adalah dengan menggunakan media sosial, salah satu contoh sosial media adalah twitter. Masyarakat menggunakan twitter untuk menuliskan opininya terhadap suatu objek atau kejadian. Opini-opini tersebut dapat dimanfaatkan untuk mencari sebuah informasi. Namun, dalam pemanfaatannya membutuhkan analisis yang tepat sehingga informasi yang dihasilkan dapat membantu banyak pihak untuk mendukung suatu keputusan atau pilihan.
Penelitian ini bertujuan untuk membuat sistem analisis sentimen masyarakat yang berupa sentimen positif, negatif dan netral dengan menggunakan data sosial media twitter yang diambil secara realtime menggunakan API yang disediakan oleh twitter. Metode yang digunakan untuk klasifikasi sentimen adalah Naïve Bayes sedangkan hasil keluaran sistem ini berupa data sentimen positif, negatif dan netral. Pembuatan sistem analisis sentimen berhasil mendapatkan 234.079 data. Algoritma Naïve Bayes yang digunakan untuk klasifikasi mendapatkan rata-rata akurasi tertinggi 91,6%. Hasil analisis sentimen dapat digunakan untuk melihat sentimen masyarakat terhadap pelayanan pemerintah Kota Makassar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Divisions: Jurusan Teknik Elektro > D4 Teknik Komputer dan Jaringan
Depositing User: Unnamed user with username 197103102001121001
Date Deposited: 04 Aug 2023 02:38
Last Modified: 04 Aug 2023 02:38
URI: https://repository.poliupg.ac.id/id/eprint/4689

Actions (login required)

View Item
View Item