Qurrata ‘Ayun, Zachria (2017) Penilaian Kebijakan Piutang Iklan Koran Pada Pt Fajar Ujung Pandang Intermedia Di Makassar. Diploma thesis, Politeknik Negeri Ujung Pandang.
PENILAIAN KEBIJAKAN PIUTANG IKLAN KORAN PADA PT FAJAR UJUNG PANDANG INTERMEDIA DI MAKASSAR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Abstract
Salah satu bentuk upaya perusahaan untuk menarik minat pelanggan adalah memberikan penjualan kredit dalam produk yang dijual. Penjualan kredit menghasilkan piutang sebagai ganti kas yang harusnya diterima dari hasil transaksi penjualan. Perusahaan perlu menerapkan kebijakan untuk mengontrol dan mengendalikan nilai piutang perusahaan.
Kegiatan ini dilakukan untuk mengetahui kebijakan yang telah diterapkan selama ini dinilai efektif atau belum. Selain itu, kegiatan ini juga membantu untuk lebih jauh mengetahui keadaan piutang yang selama tahun 2012 sampai dengan tahun 2016.
Berdasarkan hasil dan deskripsi kegiatan diketahui tingkat perputaran piutang dari tahun 2012 sampai tahun 2016 masing-masing 10, 13, 13, 12, dan 11 kali. Untuk periode penagihan menunjukkan masing-masing 36, 27, 27, 30 dan 33 hari. Umur piutang menunjukkan keadaan perputaran piutang ke kas yang sangat likuid. Analisis prinsip Lima C menunjukkan pelanggan yang memiliki latar belakang ekonomi menengah ke bawah belum memenuhi prinsip Lima C.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting |
Divisions: | Jurusan Akuntansi > D3 Akuntansi |
Depositing User: | Sitti Maryam |
Date Deposited: | 27 Jul 2023 01:00 |
Last Modified: | 27 Jul 2023 01:09 |
URI: | https://repository.poliupg.ac.id/id/eprint/4582 |