Search for collections on PNUP Repository

Analisis Strategi Pemasaran Menggunakan Metode Analisis Swot Pada Cv Idlan Waranie Perkasa Di Makassar

Inna, Nur Muts Mak (2020) Analisis Strategi Pemasaran Menggunakan Metode Analisis Swot Pada Cv Idlan Waranie Perkasa Di Makassar. Diploma thesis, Politeknik Negeri Ujung Pandang.

[thumbnail of Skripsi] Text (Skripsi)
ANALISIS STRATEGI PEMASARAN MENGGUNAKAN METODE ANALISIS SWOT PADA CV IDLAN WARANIE PERKASA DI MAKASSAR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

CV Idlan Waranie Perkasa merupakan perusahaan yang bergerak di bidang industri kosmetik yang terbentuk pada tahun 2014. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor lingkungan baik internal maupun eksternal yang dimiliki CV Idlan Waranie Perkasa yang dapat menentukan strategi terbaik guna meningkatkan daya saing pasar. Alat analisis yang digunakan adalah matriks Internal Factor Strategy (IFAS) dan Eksternal Factor Strategy EFAS, matriks Strategic Factor Analysis Summary (SFAS), matriks SWOT dan diagram analisis SWOT

Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor strategis kekuatan yang ada pada lingkungan internal CV Idlan Waranie Perkasa adalah selalu memperhatikan kualitas dari bahan baku yang digunakan, mengangkat budaya, dan izin produksi sudah terverifikasi ke dalam golongan A, sementara faktor strategis kelemahan yang ada yaitu rantai distribusi tidak efektif, belum memiliki peralatan produksi yang modern, dan keterlambatan ketersediaan produk. Adapun untuk faktor strategis peluang yang ada pada lingkungan eksternal CV Idlan Waranie Perkasa adalah perkembangan teknologi komunikasi dan transportasi, tradisi wanita Bugis menggunakan Bedda’ Lotong menjelang pernikahan, dan menerima orderan dari luar daerah Sulawesi. Sementara faktor strategis ancaman yang ada pada lingkungan eksternal CV Idlan Waranie Perkasa adalah bahan baku yang tidak selalu tersedia dalam jumlah yang cukup, sektor industri pengolahan yang meningkat setiap tahunnya di Kota Makassar, dan hambatan masuk bagi pendatang baru kecil. Alternatif strategi yang dapat diterapkan oleh CV Idlan Waranie Perkasa berdasarkan Matriks SWOT adalah strategi SO dengan cara meningkatkan kualitas produk, menggunakan saluran distribusi yang estabilish serta memperluas pangsa pasar. Untuk diagram analisis SWOT, CV Idlan Waranie Perkasa berada pada kuadran I yang berarti dapat menggunakan kekuatan untuk memanfaatkan peluang yang ada dengan cara mendukung kebijakan pertumbuhan yang agresif (growth oriented strategy).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Jurusan Akuntansi > D4 Akuntansi Manajerial
Depositing User: Sitti Maryam
Date Deposited: 16 Jun 2023 02:07
Last Modified: 16 Jun 2023 02:07
URI: https://repository.poliupg.ac.id/id/eprint/3543

Actions (login required)

View Item
View Item