Lorenza, Angel (2020) Analisis Bisnis Pada Litha & Co Di Makassar. Diploma thesis, Politeknik Negeri Ujung Pandang.
ANALISIS BISNIS PADA LITHA & CO DI MAKASSAR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Abstract
Persaingan usaha yang semakin ketat dalam bidang jasa transportasi terutama bus, menuntut perusahaan untuk mengetahui strategi bisnis yang diterapkan dan mengetahui kondisi lingkungan internal dan eksternal perusahaan karena hal tersebut secara tidak langsung dapat mempengaruhi kelangsungan hidup perusahaan kedepannya. Besarnya minat masyarakat menggunakan jasa transportasi darat menyebabkan semakin banyak munculnya para pengusaha baru yang melihat peluang bisnis dalam bidang jasa transportasi bus yang melayani antar kota antar propinsi atau dalam propinsi.
Penelitian ini memfokuskan pada permasalahan faktor ekternal apa yang menjadi peluang dan ancaman bagi perusahaan, serta faktor internal apa yang menjadi kekuatan dan kelemahan perusahaan untuk dapat mengetahui strategi bisnis apa yang sebaiknya diterapkan oleh Litha & Co dalam rangka mempertahankan dan mengembangkan usaha/bisnisnya. Penelitian ini menggunakan jenis data kualitatif dari sumber primer dan sekunder. Analisis data dimulai dengan mengidentifikasi faktor internal dan eksternal, lalu dianalisis dengan pendekatan strategi dengan tahapan : (1) tahap input, menggunakan matriks Evaluasi Faktor Internal (IFE) dan Evaluasi Faktor Eksternal (EFE), (2) tahap pencocokan, dengan matriks Internal-Eksternal (IE), dan (3) tahap keputusan dengan Matriks Perencanaan Strategis Kuantitatif (QSPM).
Dari analisis lingkungan internal dan eksternal dapat diidentifikasi lima faktor internal yang menjadi kekuatan dan sebelas faktor yang menjadi kelemahan, serta empat faktor eksternal yang menjadi peluang dan empat faktor yang menjadi ancaman PO Litha & Co. Setelah dituangkan ke dalam matriks IE, strategi yang sebaiknya ditempuh PO Litha & Co berada pada sel V dengan strategi Hold and Maintain yang dapat berupa Strategi Penetrasi Pasar dan Strategi Pengembangan Produk. Dari hasil penentuan prioritas dengan analisis QSPM, dihasilkan prioritas Strategi Penetrasi Pasar (nilai TAS 5,732), yaitu melakukan kegiatan promosi yang intensif dengan efektif dengan tujuan menciptakan image building dan meningkatkan pangsa pasar.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting |
Divisions: | Jurusan Akuntansi > D4 Akuntansi Manajerial |
Depositing User: | Sitti Maryam |
Date Deposited: | 15 Jun 2023 03:28 |
Last Modified: | 15 Jun 2023 03:28 |
URI: | https://repository.poliupg.ac.id/id/eprint/3473 |