Syamsuddin, Syamsuddin (2008) Analisis Kinerja dan Program Peningkatan Kinerja PDAM Kabupaten Bone. Jurnal Competitiveness, 2 (2). pp. 646-657. ISSN 1976-3035
Lamp 1D (4).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.
Download (2MB) | Request a copy
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan nilai kinerja dan kondisi Kesehatan, mementukan permasalahan dan usulan program peningkatan kinerja PDAM Kabupaten Bone. Penelitian ini dilaksanakan di PDAM Kabupaten Bone pada tahun 2008. Pengambilan data dilakukan dengan mengumpulkan data sekunder, wawancara langsung dengan pimpinan/karyawan dan pengamatan langsung di lapangan yang berhubungan dengan indicator kinerja PDAM Analisis kinerja meliputi aspek keuangan manajemen dan teknis.
Berbagai permasalahan ditentukan yaitu banyak piutang usaha dan penyisihan, utang luar negeri sangat banyak dan belum terbayar, persediaan dana di kas rendah, administrasi keuangan masih manual, terlalu banyak karyawan, struktur organisasi tidak sesuai aturan, keterangan SDM rendah, adanya Sebagian pelanggan masuk kelas rumah tangga pada hal harusnya masuk kelas bisnis banyak meteran tua dan tidak normal dan adanya pipa intake yang terapung pada musim kemarau. Kinerja usaha pada tahun 2005 adalah 1.67 (kondisi sakit). Masalah terjadi pada aspek keuangan, manajemen dan teknis. Adapun usulan program peningkatan kinerja PDAM Kabupaten Bone adalah lakukan penagihan piutang yang sudah lama nila kas dan bank ditambah, kembalikan pokok pinjaman dari luar negeri, naikkan tarif minimal sesuai tarif full cost recovery, tambah sambangunan baru tanpa menambah karyawan baru, perbaiki sistem pembacaan meteran air dan penagihan, struktur organisasi dirubah yakni direktur utama diubah menjadi direktur, sedang direktur bidang diubah menjadi kepala bagian, sosialisasikan visi dan misi PDAM kepada semua staf, tingkatkan motivasi karyawan, laksanakan pelatihan, adakan computer dan software program pengoalahan data keuangan, lakukan pemutakhiran klasifikasi pelanggan ganti water meter yang rusak dan pipa distribusi dari intake tambah kedalamannya.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kinerja, masalah dan perbaikan |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Jurusan Administrasi Niaga > D4 Administrasi Bisnis |
Depositing User: | Syamsuddin |
Date Deposited: | 15 Jun 2023 21:44 |
Last Modified: | 15 Jun 2023 21:44 |
URI: | https://repository.poliupg.ac.id/id/eprint/3472 |