Search for collections on PNUP Repository

Implementasi Corporate Social Responsibility Terhadap Loyalitas Nasabah Pada Bank Bni Syariah Cabang Makassar

Ramadhani, Fidyah (2019) Implementasi Corporate Social Responsibility Terhadap Loyalitas Nasabah Pada Bank Bni Syariah Cabang Makassar. Diploma thesis, Politeknik Negeri Ujung Pandang.

[thumbnail of Skripsi] Text (Skripsi)
IMPLEMENTASI CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP LOYALITAS NASABAH PADA BANK BNI SYARIAH CABANG MAKASSAR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Tanggung jawab sosial perusahaan adalah suatu konsep atau tindakan yang dilakukan oleh perusahaan sebagai rasa tanggung jawab terhadap sosial maupun lingkungan sekitar. Program CSR merupakan komitmen perusahaan untuk mendukung terciptanya pembangunan berkelanjutan. Pada dasarnya tujuan pelaporan sosial perusahaan-perusahaan di Indonesia adalah untuk memenuhi kebutuhan informasi para pengguna laporan keuangan mengenai sejauh mana perusahaan sudah melaksanakan aktivitas sosialnya sehingga hak masyarakat untuk hidup aman dan tentram, dapat terpenuhi.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh implementasi tanggung jawab sosial perusahaan terhadap loyalitas nasabah di bank BNI Syariah Cabang Makassar. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode kuantitatif. Metode yang digunakan dalam pengambilan sampel yaitu probability sampling dengan teknik simple random sampling yaitu pengambilan sampel yang dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi tersebut. Untuk mengumpulkan data menggunakan kuisioner, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif responden, uji normalitas, estimasi parameter, uji F, koefisien korelasi, dan koefisien determinasi.
Hasil penelitian yang diolah dengan program SPSS versi 22.0 for windows menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada implementasi tanggung jawab sosial perusahaan terhadap Loyalitas Nasabah, terlihat pada nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Dalam hal ini setiap kenaikan tingkatan tanggung jawab sosial perusahaan akan mengakibatkan Loyalitas Nasabah meningkat sebesar 0,802.
Nilai R square yang diperoleh sebesar 0,378 menunjukkan bahwa tingkat loyalitas nasabah Bank BNI Syariah cabang makassar 37,8% dipengaruhi oleh implementasi tanggung jawab sosial perusahaan yang dilaksanakan oleh lembaga, adapun sisanya sebesar 62,2% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak masuk dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Jurusan Akuntansi > D4 Akuntansi Manajerial
Depositing User: Sitti Maryam
Date Deposited: 09 Jun 2023 01:51
Last Modified: 09 Jun 2023 01:51
URI: https://repository.poliupg.ac.id/id/eprint/3218

Actions (login required)

View Item
View Item