Search for collections on PNUP Repository

Perancangan Sistem Pakar Penilaian Peluang Kelulusan Snmptn Menggunakan Logika Fuzzy (Studi Kasus Bimbingan Belajar Instyd )

Amalia, Putri (2018) Perancangan Sistem Pakar Penilaian Peluang Kelulusan Snmptn Menggunakan Logika Fuzzy (Studi Kasus Bimbingan Belajar Instyd ). Diploma thesis, Politeknik Negeri Ujung Pandang.

[thumbnail of Skripsi] Text (Skripsi)
PERANCANGAN SISTEM PAKAR PENILAIAN PELUANG KELULUSAN SNMPTN MENGGUNAKAN LOGIKA FUZZY.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri) merupakan salah satu jalur masuk ke perguruan tinggi negeri yang biasa dikenal jalur bebas tes atau jalur undangan. Pada jalur ini banyak siswa memilih program studi dengan asal memilih. Melihat dari kondisi tersebut, INSTYD sebagai salah satu lembaga yang bergerak dibidang pendidikan memiliki program pendampingan SNMPTN. Kendala yang sering di hadapi oleh pihak konsultan untuk melihat peluang siswa adalah ketika banyaknya siswa dan pihak konsultan membutuhkan waktu yang cukup lama dalam proses pendampingan tersebut.

Penelitian ini bertujuan untuk merancang sebuah sistem yang dapat membantu konsultan untuk menyelesaikan pendampingan pemilihan jurusan SNMPTN. Penentuan parameter untuk melihat peluang kelulusan SNMPTN ditentukan dari nilai rapor siswa, prestasi siswa, akreditasi sekolah asal dan grade jurusan yang dipilih. Setelah itu, digunakan logika fuzzy metode sugeno pada sistem yang dimulai dari penentuan parameter, membuat grafik fuzzifikasi, inferensi, dan defuzzifikasi . Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 210 sampel, sistem mampu memberikan peluang kelulusan dengan tingkat keberhasilan hanya 57 %.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Divisions: Jurusan Teknik Elektro > D4 Teknik Multimedia dan Jaringan
Depositing User: Unnamed user with username 197103102001121001
Date Deposited: 04 Jun 2023 01:12
Last Modified: 04 Jun 2023 01:12
URI: https://repository.poliupg.ac.id/id/eprint/2970

Actions (login required)

View Item
View Item