Jariah, Ainun (2019) Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Masyarakat Pada Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Dahlia Kecamatan Mariso Kota Makassar. Diploma thesis, Politeknik Negeri Ujung Pandang.
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT PADA PUSAT KESEHATAN MASYARAKAT (PUSKESMAS) DAHLIA KECAMATAN MARISO KOTA MAKASSAR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan pada Puskesmas Dahlia, mengetahui kepuasan masyarakat pada Puskesmas Dahlia, dan mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan masyarakat pada Puskesmas Dahlia.
Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat yang berada pada wilayah kerja Puskesmas Dahlia di Kecamatan Mariso Kota Makassar yang berobat ke Puskesmas dari Bulan Januari – Juli 2019 yang berjumlah 19.827 orang. Jumlah sampel dihitung dengan menggunakan rumus slovin yaitu berjumlah 99 sampel. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu kuesioner, observasi dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif dengan menggunakan statistik deskriptif serta statistik inferensial yakni analisis regresi sederhana, analisis korelasi, analisis koefisien determinasi, dan uji t yang di olah dengan program komputer IBM SPSS (Internasional Business Machine Statistic Product and Service Solution versi 23).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan yang telah diterapkan pada Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Dahlia Kecamatan Mariso Kota Makassar dapat dikatakan bahwa pelayanan yang baik atau sesuai terdapat pada indikator kejelasan informasi mengenai jenis pelayanan dan kenyamanan lingkungan, sedangkan yang kurang baik atau kurang sesuai berada pada indikator kesederhanaan prosedur pada loket pendaftaran pasien dan ketepatan waktu. Hasil rata-rata skor mengenai kualitas pelayanan pada Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Dahlia Kecamatan Mariso Kota Makassar yakni 3,35.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepuasan masyarakat pada Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Dahlia Kecamatan Mariso Kota Makassar dapat dikatakan bahwa masyarakat puas dengan biaya/tarif, produk spesifikasi (obat), dan perilaku pelaksana, sedangkan masyarakat kurang puas dengan penanganan pengaduan, saran, dan masukan pada puskesmas. Hasil rata-rata skor mengenai kepuasan masyarakat pada Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Dahlia Kecamatan Mariso Kota Makassar yakni 3,39.
Kualitas Pelayanan yakni kesederhanaan prosedur, ketepatan waktu, dan kenyamanan berpengaruh terhadap Kepuasan Masyarakat akan tetapi pada indikator kejelasan informasi mengenai jenis pelayanan tidak berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Masyarakat pada Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Dahlia Kecamatan Mariso Kota Makassar.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Jurusan Administrasi Niaga > D4 Administrasi Bisnis |
Depositing User: | Nurhayati S.Sos |
Date Deposited: | 31 May 2023 05:40 |
Last Modified: | 31 May 2023 06:19 |
URI: | https://repository.poliupg.ac.id/id/eprint/2858 |