Sirmayanti, Sirmayanti and Mimsyad, Muhammad and Mahjud, Ichsan (2022) Pengembangan Theories-in-action pada Mata Kuliah Kode-3 Pendidikan Vokasi. Project Report. Perpustakaan B.J.Habibie PNUP, Makassar, Indonesia. (Unpublished)
LAPORAN_Pengembangan Theories-in-action MK Kode-3 Vokasi_2022.pdf - Supplemental Material
Download (3MB)
Abstract
Implementasi pembelajaran modul daring merupakan solusi praktis dalam mengatasi kelemahan dan ancaman dari penggunaan pembelajaran berbasis daring E-learning. Olehnya itu PNUP dapat berupaya meningkatkan efektivitas proses pembelajaran, disamping strategi pembelajaran, berupa kesesuaian CMPK dengan bahan ajar ke sistem modul daring secara virtual atau remote, agar target Indikator Kinerja Utama (IKU) dalam Perjanjian Kinerja Pimpinan Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) tahun 2022 ini tercapai.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh dua permasalahan yakni (1) perlunya disegerakan konsep dan metode pengajaran praktikum dengan blended learning systems, pasca pandemic COVID-19 dan memasuki masa endemic, karena ketersediaan ruang kelas, bahan & alat prakrikum yang tidak sesuai lagi dengan rasio jumlah mahasiswa, dan (2) masih ada kendala bagi dosen dalam melaksanakan pengajaran praktikum pada mata kuliah Kode-3. Secara khusus, prodi TRJT PNUP dituntut mengimplementasikan kurikulumnya sesuai IKU PNUP. Hasil revisi kurikulum Prodi TRJT berbasis MBKM 2021 mendata bahwa jumlah matakuliah yang menggunakan metode pemecahan kasus (case methode) dalam pembelajaran dan sebagai bagian penilaian adalah 56%, dan jumlah matakuliah yang menggunakan metode pembelajaran berbasis proyek (team based project) dan sebagai bagian penilaian adalah 26%, yang terdiri atas 35 jumlah MK Teori (kode-1) dan 15 jumlah MK Praktik (kode-2) dan selebihnya kombinasi Teori-Praktik (Kode 3). Ketersedian bahan ajar Modul Daring berbasis studi kasus, projek dan praktik hanya sekitar 3% diantara 57 jumlah MK secara keseluruhan dari target mutu standar yang diharapkan sebesar 62%.
Metode yang telah digunakan ialah penerapan Remote-Lab berbasis remote access/desktop yang teruji sebagai best practice atau solusi dalam memenuhi target IKU penyelenggaraaan matakuliah berbasis studi kasus dan projek bagi MK berkode-3. Hasil sementara yang diperoleh bahwa Implementasi Theories-in-action metode Remote-Lab berupa Modul Daring dapat berperan menambah metode pembelajaran berbasis daring atau hybrid pada dalam mata kuliah praktikum Kode-3 di prodi TRJT dan implementasi CPMK materi CFO, OFDM dan Management Frekuensi Radio dalam pada 3 MK Kode-3 dapat dimanfaatkan untuk memudahkan pelaksanaan praktikum pada perkuliahan di prodi TRJT. Dalam uji ukur, sistem video meeting menggunakan lima aplikasi populer yaitu zoho meeting, cisco webex meeting, google meet, zoom meeting and microsoft teams. Hasil perhitungan QoS dengan parameter throughput, packet loss, delay dan jitter bagi kelima aplikasi ini diperoleh dalam kategori Bagus berdasarkan standar TIPHON.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Jurusan Teknik Elektro > D4 Teknologi Rekayasa Jaringan Telekomunikasi |
Depositing User: | Ms Sirmayanti Sirmayanti |
Date Deposited: | 24 May 2023 03:59 |
Last Modified: | 24 May 2023 03:59 |
URI: | https://repository.poliupg.ac.id/id/eprint/2317 |