Kaka, Simon (2020) Pemodelan Transformasi Beban Dinamis Kendaraan pada Struktur Pondasi Jalan Menggunakan Simulator Pneumatik. Kemenkumham, Indonesia.
RINGKASAN HAK CIPTA.pdf - Other
Download (367kB)
sertifikat_EC00202001584-Hak Cipta.pdf
Download (771kB)
Penelusuran Hak Cipta.pdf - Other
Download (116kB)
Abstract
Beban dinamis yang bersumber dari berbagai jenis bobot kendaraan akan membebani struktur pondasi jalan secara fluktuatif dari waktu ke waktu. Pertumbuhan jumlah kendaraan di kota Makassar menurut data Dinas Perhubungan Darat sejak tahun 2008 meningkat 12% setiap tahun sehingga fluktuasi beban dinamis kendaraan semakin meningkat pula (Rustam, 2008). Meningkatnya jumlah kendaraan tersebut akan berdampak pada tingginya beban fluktuatif (BF).
Tujuan yang ingin dicapai adalah (1) Menghasilkan model transpormasi beban dinamis kendaraan jenis bobot sedang dengan menghitung besarnya beban dinamis vertikal, FDv (N) melalui formula diagram beban bebas yang membebani struktur jalan.
(2) Menghasilkan bentuk karakteristik kerja suspensi pada roda kendaraan yang mengalami hambatan dan pembebanan secara vertical; dan untuk (3) Memperoleh hubungan antara beban dinamis vertikal kendaraan, FDv (N) dan stabilitas kuat tekan struktur jalan FAo(N) dalam bentuk parameter tak berdimensi. Hubungan antara kuat tekan beban dinamis kendaraan,FDv/Av dan kekuatan struktur jalan,F(Ao)/Ao dinyatakan sebagai parameter tak berdimensi(FDv⁄Av)/(FAo⁄Ao )=0.0178.
Item Type: | Other |
---|---|
Subjects: | T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Jurusan Teknik Mesin > D4 Teknik Mekatronika |
Depositing User: | Unnamed user with username 195909131988031001 |
Date Deposited: | 13 May 2023 11:46 |
Last Modified: | 13 May 2023 11:46 |
URI: | https://repository.poliupg.ac.id/id/eprint/1754 |