M. Erwin, M. Erwin and Muhammad, Iqbal (2018) Analisis Tingkat Kebisingan Lalu Lintas Pada Ruas Jalan Arteri Di Kota Makassar (Studi Kasus Ruas Jalan : Abdullah Dg. Sirua, Batua Raya, Dan Adyaksa). Diploma thesis, Politeknik Negeri Ujung Pandang.
Analisis Tingkat kebisingan lalu lintas pada ruas jalan arteri di Kota Makassar.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (6MB)
Abstract
Kota Makassar merupakan kota dengan jumlah aktifitas transportasi yang tinggi. Hal ini dapat berimplikasi kepada kemacetan di ruas jalan. Permasalahan yang ditimbulkan pada bidang transportasi bukan hanya masalah kemacetan tetapi juga masalah yang mempengaruhi pada lingkungan seperti polusi udara atau kebisingan. Penelitian ini dilaksanakan di ruas jalan Abdullah Dg. Sirua, Batua Raya, dan Adyaksa kota Makassar. Penelitian ini bertujuan mengetahui tingkat kebisingan yang dihasilkan oleh ruas jalan Abdullah Dg. Sirua, Batua Raya, dan Adyaksa; mengetahui perbandingan hasil tingkat kebisingan antara pengukuran langsung dan hasil prediksi metode CoRTN (Calculation of Road Traffic Noise) dan mengetahui metode penanganan kebisingan yang dapat diterapkan. Pengukuran tingkat kebisingan dilakukan selama 12 jam dari pukul 06.00 sampai dengan pukul 18.00 dengan pengambilan sampel selama 10 menit per jam menggunakan SLM tipe TM-103. Sedangkan untuk prediksi hasil kebisingan digunakan variabel data volume dan kecepatan kendaraan. Hasil tingkat kebisingan yang diperoleh untuk jalan Abdullah Dg. Sirua adalah 73.19 dB, jalan Batua Raya adalah 78.11 dB, dan jalan Adyaksa adalah 76.74 dB. Hasil prediksi tingkat kebisingan dengan menggunakan metode CoRTN untuk Jalan Abdullah Dg. Sirua, 72.58 dB, 76.28 dB untuk Jalan Batua Raya dan untuk Jalan Adyaksa, 75.92 dB. Dari hasil penelitian dapat dikatakan bahwa tingkat kebisingan ruas jalan Abdullah Dg. Sirua, Batua Raya, dan Adyaksa telah melewati standar Baku Mutu KepmenLH No 48 dengan rentang kebisingan untuk kawasan perdagangan dan jasa adalah 70 dBA. Oleh karena itu, perlu diadakan upaya pengendalian tingkat kebisingan dengan meredam kebisingan yang berasal dari sumbernya seperti pengaturan lalu lintas, pembatasan kendaraan berat, pengaturan kecepatan, dan pemilihan jenis perkerasan jalan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Jurusan Teknik Sipil > D4 Jasa Konstruksi |
Depositing User: | Rahmawati S.Sos |
Date Deposited: | 10 May 2023 03:26 |
Last Modified: | 10 May 2023 03:26 |
URI: | https://repository.poliupg.ac.id/id/eprint/1654 |