Search for collections on PNUP Repository

Analisa Perilaku Pengendara Sepeda Motor Terhadap Adanya Sistem E-Tilang Di Kota Makassar

Trialifia, Aminuddin and Gabriel, L S B Pakan (2019) Analisa Perilaku Pengendara Sepeda Motor Terhadap Adanya Sistem E-Tilang Di Kota Makassar. Diploma thesis, Politeknik Negeri Ujung Pandang.

[thumbnail of Skripsi] Text (Skripsi)
ANALISA PERILAKU PENGENDARA SEPEDA MOTOR TERHADAP ADANYA SISTEM E-TILANG DI KOTA MAKASSAR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penerapan sistem E-tilang mulai diterapkan di Kota Makassar, seiring dengan pemberlakuan sistem E-tilang yang mulai dirasakan dampaknya oleh masyarakat selaku pengendara yang menjadi objek dari penerapan sistem E-tilang. Perilaku pengendara kususnya roda dua di kota Makassar lambat laun mulai mematuhi aturan – aturan lalu lintas yang di awasi oleh CCTV yang terletak dibeberapa titik jalan dikota Makassar, akan tetapi perilaku pengendara masih jauh dari kata ideal hal ini didasari dari penelitian yang dilakukan. Ada pun tujuan dari penelitian yang dilakukan saat ini yaitu mendapatkan faktor – faktor perilaku pengendara sepeda motor terhadap sistem E-Tilang, mendapatkan model perilaku sepeda motor dalam penerapan E-Tilang, dan mengetahui ketidaktaatan pengendara sepeda motor terhadap peraturan lalu lintas. Dalam penelitian ini pengumpulan data menggunakan metode pembagian kuesioner di lokasi penelitian. Data yang diperoleh diolah menggunakan aplikasi software IMB SPSS Versi 20 untuk menghasilkan persamaan regresi. Variabel yang terdapat di dalam kuesioner yaitu variabel bebas dan variabel terikat. Variabek bebas adalah pengetahuan pengendara sebesar 0.014, pelengkapan jalan sebesar 0.000, kelengkapan kendaraan sebesar 0.345, kondisi pesikologis pengendara sebesar 0.916, cara memeperoleh SIM sebesar 0.000, dan latar belakang Pengendara sebesar 0.261. Faktor yang paling mempengaruhi perilaku pengendara terhadap adanya sistem e-tilang adalah pengetahuan pengendara, perlengkapan jalan, dan cara memperoleh SIM. Untuk meminimalisir ketidaktaatan perilaku pengendara maka dibutuhkan sosialisasi yang bagi para remaja,

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Jurusan Teknik Sipil > D4 Jasa Konstruksi
Depositing User: Rahmawati S.Sos
Date Deposited: 09 May 2023 07:27
Last Modified: 09 May 2023 07:27
URI: https://repository.poliupg.ac.id/id/eprint/1607

Actions (login required)

View Item
View Item